Return to site

Mengembangkan Business Plan Dengan Cara Yang Benar

· Tips Bisnis,Tips Sales

Perencanaan bisnis jangka panjang merupakan perencanaan dasar untuk pengembangan bisnis di masa depan. Dikarenakan ini merupakan perencanaan jangka panjang, maka Anda harus memahami apa saja yang harus Anda fokuskan setiap tahunnya untuk kemudian Anda konversi menjadi perencanaan jangka pendek maupun perencanaan yang harus Anda capai selama satu tahun yang berjalan. Keberhasilan perencanaan bisnis jangka panjang yang Anda ciptakan bergantung pada seberapa serius fokus Anda untuk mencapainya. Selain keseriusan, strategi yang Anda pilih pun harus sesuai dengan apa yang menjadi target Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan perencanaan bisnis (business plan) perusahaan Anda.

1. Target tahunan yang terkoneksi

Kita tahu, bahwa perencanaan dapat berakhir pada kegagalan atau tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, ciptakanlah target jangka panjang yang terkoneksi secara berurutan. Sebagai contoh, jika tahun depan Anda fokus untuk pemasaran digital, maka Anda harus mengembangkan target selanjutnya pada bagian-bagian penting dalam pemasaran digital. Seperti, pemasaran media sosial dan lain sebagainya. Boleh Anda membuat perencanaan yang tidak terkoneksi, namun, pastikan bahwa target tersebut memang memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda untuk pertumbuhan bisnis Anda.

2. Rincian perencanaan yang jelas sebagai fondasi strategi

Jangan membuat perencanaan jangka panjang yang hanya berisikan title target perencanaan Anda. Namun, Anda tidak memberikan perincian apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai target perencanaan tersebut. Memang, dikarenakan ini merupakan target jangka panjang Anda bisa menunda-nunda untuk menciptakan strategi yang baik. Sayangnya, menunda hanya akan membuat Anda kehilangan momentum untuk menciptakan strategi yang tepat di saat Anda sedang fokus menciptakan perencanaan.

3. Realistis

Jangan pernah membuat perencanaan bisnis yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda dan tim. Tetap menjaga realitas target yang akan Anda capai. Jika Anda membuat perencanaan yang tidak masuk akal, bagaimana mungkin perencanaan tersebut dapat Anda capai?

4. Hubungan pelanggan

Jangan menypelekan hubungan pelanggan. Anda harus menetapkan hubungan pelanggan sebagai bagian dari perencanaan bisnis. Jika bisnis Anda saat ini tidak memperhatikan pelanggan dan tidak menjaga hubungan dengan pelanggan, tentu ini dapat berakibat pada semakin lemahnya bisnis Anda ketika kondisi penjualan dan ekonomi sedang menurun.

Ilustrasi (c) Unsplash.com