Return to site

Mengembangkan Hubungan Untuk Menumbuhkan Penjualan

Hubungan antara perusahaan dan pelanggan mengembangkan penjualan.​

· Tips Sales

Hubungan antara perusahaan dan pelanggan yang solid akan mengembangkan penjualan dengan lebih baik dan berkelanjutan. Bagaimana tidak, ketika perusahaan memberikan pelayanan dan disertai hubungan yang baik, pelanggan akan lebih mudah untuk memberikan rekomendasi pada rekan-rekannya. Yang artinya, pelanggan menjadi tenaga pemasaran pasif untuk pengembangan bisnis Anda di masa depan melalui hubungan ini. Jadi, sebagai salesperson profesional perlu memperhatikan hubungan dengan pelanggan-pelanggan yang Anda miliki. Jika selama ini Anda masih belum menjalankan strategi berbasis hubungan, berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan hubungan dengan pelanggan.

1. Menjaga integritas Anda sebagai salesperson

Integritas Anda sebagai salesperson menjadi bagian penting dalam menjaga hubungan dengan pelanggan. Penjualan yang akan Anda dapatkan diawali dengan kepercayaan. Jika tidak ada kepercayaan karena Anda gagal menjaga integritas sebagai sales, bagaimana cara pelanggan dapat terus menggunakan produk/layanan yang Anda jual untuk periode yang panjang?

2. Jangkau pelanggan di berbagai forum

Mengembangkan koneksi dengan pelanggan perlu diperhatikan agar Anda memiliki jangkauan yang lebih mudah. Metode sederhana yang dapat Anda pilih untuk memudahkan jangkauan ini adalah dengan mengikuti pelanggan di berbagai forum. Tetapi, pilihlah forum yang sesuai atau relevan dengan bisnis maupun produk yang Anda jalankan. Sehingga, Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan penjualan dari orang-orang dalam forum tersebut.

3. Informatif dan konsultatif

Hubungan yang baik dapat dimulai dengan memberikan informasi kepada pelanggan bahwa dengan menggunakan produk/layanan dari Anda, pelanggan akan mampu memecahkan masalah yang tidak diprediksi sebelumnya. Selain memberikan informasi, Anda perlu menerapkan strategi konsultatif kepada pelanggan dengan memberikan banyak waktu kepada mereka agar bersedia mengutarakan banyak hal yang berkaitan dengan bisnis pelanggan dan mengkonsultasikan masalah tersebut kepada Anda.

4. Memberi bantuan

Apa yang dapat Anda bantu kepada pelanggan? Tawarkan bantuan tersebut kepada mereka. Jangan takut tidak diterima, setidaknya Anda sudah menawarkan bantuan kepada mereka.

5. Mengikuti pelanggan melalui sosial media

Mengikuti pelanggan di sosial media dan membagikan konten-konten yang menarik bagi pelanggan menjadi salah satu cara untuk mengembangkan hubungan dengan pelanggan. Meski demikian, Anda juga perlu membatasi jumlah kiriman maupun komentar-komentar untuk menghindari pelanggan menjadi risih terhadap Anda.

6. Implementasi CRM

Menggunakan cara tradisional dalam membangun hubungan dengan pelanggan memang masih bisa dilakukan. Tetapi, untuk memaksimalkan metode pengembangan hubungan dengan pelanggan ke arah yang lebih positif Anda juga perlu menggunakan teknologi yang dapat membantu memaksimalkan langkah tersebut. Seperti dengan implementasi CRM agar Anda lebih mudah dalam menjangkau pelanggan baik melalui email, telepon dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Meskipun demikian, Anda juga harus ingat bahwa mengembangkan hubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan penjualan membutuhkan waktu yang sangat panjang. Yang perlu Anda lakukan adalah tetap konsisten dan menjaga integritas.

Ilustrasi (c) Pxhere.com