Return to site

Mengenal 4 Jenis Program Loyalitas Untuk Pelanggan

· Tips Bisnis

Program loyalitas pelanggan adalah pembangun hubungan berbasis insentif. Perusahaan menawarkan program loyalitas kepada konsumen untuk mendorong keterlibatan dan pada akhirnya untuk mendorong loyalitas yang abadi untuk merek Anda. Saat konsumen terlibat dalam program loyalitas, mereka mendapatkan reward, produk gratis atau berdiskon, rilis awal, kupon dan banyak lagi.

Program loyalitas dapat dikonfigurasi dengan berbagai cara, tetapi satu kesamaan yang mereka miliki adalah memberikan beberapa jenis nilai atau insentif kepada pelanggan sebagai imbalan atas keterlibatan mereka. Pelanggan yang berpartisipasi dalam program loyalitas harus selalu merasa dihargai atas waktunya. Ada empat jenis utama program loyalitas yang perlu Anda ketahui, yang diantaranya adalah:

1. Program loyalitas berbasis poin

Metodologi berbasis poin sejauh ini merupakan pengaturan yang paling umum untuk program loyalitas. Semakin banyak pelanggan terlibat, semakin banyak poin yang mereka peroleh dan poin tersebut kemudian dikonversi menjadi beberapa jenis hadiah. Sangat mudah tanpa kurva pembelajaran utama bagi sebagian besar konsumen. Namun, cara beberapa merek mempromosikan aktivitas perolehan poin bisa sangat mengganggu dimana ini dapat menjadi program yang benar-benar menggagalkan tujuan program untuk mendorong loyalitas. Pastikan Anda menjaga program berbasis poin Anda tetap sederhana dan menjadi bagian dari perjalanan alami pelanggan Anda.

2. Program loyalitas berbayar

Mungkin masuk akal untuk meminta bayaran untuk berpartisipasi dalam program loyalitas Anda (contoh sederhana layanan premium). Pelanggan membayar biaya untuk mengakses keuntungan yang tidak dirasakan mereka yang tidak membayar dan benar-benar merasakan keuntungan menjadi anggota program. Namun, sebelum Anda menjelajahi program loyalitas berbayar, pahami hambatan tambahan dalam menambahkan elemen berbayar untuk mendorong loyalitas. Program berbayar tidak cocok untuk setiap bisnis, jadi harap berhati-hati dalam menjalankan program ini.

3. Program loyalitas kemitraan

Program loyalitas kemitraan lahir dari hubungan perusahaan dengan perusahaan dan bergantung pada pelanggan yang menunjukkan minat pada keduanya. Ini adalah cara yang efektif untuk menumbuhkan pelanggan yang setia dengan memanfaatkan minat terkait mereka. Misalnya, jika Anda adalah salon rambut, Anda dapat bermitra dengan salon kuku terdekat untuk menawarkan kesepakatan merek bersama yang saling menguntungkan bagi bisnis dan konsumen.

4. Program loyalitas dengan sistem gamifikasi

Program loyalitas yang berpusat pada permainan atau gamifikasi adalah program yang menerapkan prinsip-prinsip permainan ke skenario non-permainan untuk mendorong keterlibatan pelanggan. Elemen permainan yang diterapkan dalam pengalaman digital dapat membantu membuat pembelian menjadi menarik dan mengasyikkan. Pastikan Anda menawarkan game dengan tujuan yang dapat dicapai yang tidak mengurangi tujuan yang dimaksudkan konsumen dan memastikan bahwa aturan dan batasan game Anda terbuka untuk publik dan disepakati dalam departemen hukum Anda.