Return to site

Mengenal Revolusi Industri Mulai Dari Industri 1.0 Hingga Revolusi Industri 4.0

Mengenal proses-proses revolusi yang terjadi di dunia industri.

· Tips Bisnis

Revolusi Industri 4.0 apa sih? Terus kapan Revolusi Industri 1.0 hingga Revolusi Industri 3.0 terjadi? Apakah Anda penasaran dengan evolusi dari industri yang terjadi dari masa-masa awal hingga saat ini yang sudah memasuki masa ke-4? Untuk menjawab rasa penasaran dalam diri Anda, kami akan membahas sejarah revolusi industri mulai dari Indusri 1.0, industri 2.0, industri 3.0 hingga industri 4.0 secara ringkas.

Revolusi Industri 1.0

Revolusi industri 1.0 ini terlahir pada akhir abad ke-18 di mana pada masa itu industri diperkenalkan dengan fasilitas mesin produksi. Awal mula dari Industri 1.0 ini diperkenalkan pada tahun 1784. Pada Industri 1.0 inilah budaya industri mengalami perubahan untuk fokus pada kualitas, efisiensi dan skalabilitas yang lebih baik.

Revolusi Industri 2.0

Revolusi industri 2.0 ini terjadi pada awal abad ke-20. Kontribusi utama pada industri 2.0 ini adalah pengembangan mesin-mesin produksi dengan menggunakan energi listrik. Ketika industri mulai menjadikan energi listrik sebagai sumber daya utama untuk menjalankan mesin, saat itulah industri 2.0 dikenal. Tujuan dari penggunaan mesin dengan energi listrik ini dipilih karena dinilai lebih efisien di masa itu dibandingkan dengan menggunakan mesin dengan menggunakan bahan bakar seperti batu bara dan bahan bakar jenis lainnya.

Revolusi Industri 3.0

Revolusi industri 3.0 ini dimulai dari hasi pengembangan penggunaan mesin dengan energi listrik yang kemudian dikembangkan untuk automasi. Revolusi industri 3.0 ini juga terjadi pada abad ke-20 dmana saat itu sistem komputasi untuk otomasi mesin yang dikenal dengan Programmable Logic Controller (PLC) berhasil diciptakan dan diadopsi dalam industri untuk pertama kalinya di dunia. Setelah masa ini, industri komputasi mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga muncullah industri informasi teknologi (IT) untuk automasi dengan menggunakan perangkat lunak.

Industri 4.0

Internet menjadi teknologi yang berhasil menarik minat warga negara di seluruh dunia yang terjadi pada tahun 1990an. Pada tahun ini revolusi cara kita terhubung dan pertukaran informasi pun mengalami perubahan. Pertukaran informasi ini pun membuat industri ikut mendapatkan imbas baik itu positif dan negatif. Kehadiran sosial media, smartphone dan kecepatan internet yang terus bertambah mengubah pola industri dalam mengenali pelanggan maupun dalam menyimpan data. Perubahan-perubahan inilah pada akhirnya disebut sebagai era baru dalam industri atau yang dikenal dengan industri 4.0.

Apa yang akan terjadi pada revolusi industri 4.0 ini? Digitalisasi diberbagai lini bisnis menjadi hal yang akan paling besar terjadi pada revolusi inidustri ini. Mulai dari AI, BI, CRM dan lain sebagainya yang akan terhubung pada satu koneksi digital untuk kemudahan atau pemusatan dalam proses.

Ilustrasi (c) Unsplash.com