Return to site

Mengenali Ciri-Ciri Prospek Yang Berminat Pada Produk Anda

Apakah Anda bertemu dengan prospek yang tepat?

· Tips Sales

Setiap prospek yang didapatkan oleh salesperson memiliki bahasa tubuh yang mudah dikenali untuk mengetahui minat prospek tersebut pada produk yang ditawarkan. Hanya saja, bagi sebagian dari salesperson yang bisa saja Anda termasuk salah satunya, tidak dapat memahami bahasa tubuh dari prospek tersebut. Padahal, dari bahasa tubuh yang ditunjukkan, dapat diketahui prospek ini memiliki potensi besar atau tidaknya untuk menggunakan produk yang ditawarkan.

Lalu, bagaimana cara agar mengenal prospek yang memiliki minat besar terhadap produk yang ditawarkan? Kenali ciri-cirinya berikut ini!

1. Wajah terlihat lebih senang saat mendengar solusi yang Anda berikan

Saat mendengarkan Anda, tentu prospek belum pernah merasakan sendiri apa saja solusi yang akan didapatkan dari produk yang Anda dimiliki. Tetapi, ketika Anda menjelaskan solusi-solusi tersebut kepada prospek, ia nampak sangat antusias dan senang dengan penjelasan solusi tersebut. Seakan-akan ia sudah pernah merasakan penggunaan produk Anda.

2. Lebih sering bertanya dan mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada teknis

Saat Anda memperkenalkan produk, prospek tentu akan mendengarkan produk dan penawaran yang Anda berikan. Selanjutnya, ia memberanikan diri untuk bertanya tentang apa saja yang akan ia dapatkan. Keuntungan yang seperti apa yang akan ia terima nantinya jika sudah menggunakan produk Anda. Tak hanya itu saja, ia akan bertanya secara teknis terkait produk Anda dan bagaimana implementasinya untuk bisnis prospek serta pertanyaan-pertanyaan lain seperti pembayaran, garansi, layanan after sales dan lain sebagainya.

3. Prospek lebih ramah dan menerima kehadiran Anda

Anda pasti sering merasakan perasaan risih ketika bertemu dengan sales yang menawarkan produk yang mana Anda tidak berminat dengan produk tersebut. Namun, sikap Anda tentu akan berubah ketika Anda bertemu dengan sales yang menawarkan produk sesuai kebutuhan. Tentu Anda akan menerima sales tersebut dengan senang hati.  Itu juga berlaku ketika Anda bertemu dengan prospek yang membutuhkan produk Anda. Ia akan cenderung ramah dan siap dalam mendengarkan penawaran.

4. Intonasi suara yang lebih lembut

Prospek yang sudah menaruh harapan untuk menggunakan produk Anda cenderung akan lebih bisa menjaga sikapnya dalam berhadapan dengan Anda. Karena ia tidak mau berlama-lama mencari solusi terhadap masalah yang ia hadapi.

5. Pandangan yang fokus pada Anda

Jika prospek sudah menunjukkan minatnya, ia tidak akan pernah melewatkan waktu sedikitpun untuk mengalihkan pandangannya dari Anda. Karena dengan pandangan yang fokus pada Anda, artinya ia menyimak peragaan dan juga benar-benar mendengarkan apa yang Anda bicarakan.

Itulah ciri-ciri prospek yang menunjukkan minatnya berdasarkan bahasa tubuhnya yang dapat kami berikan kepada Anda. Semoga dengan artikel ini Anda dapat mengenal minat prospek yang lebih baik untuk menghadapi prospek-prospek lainnya. Maksimalkan potensi dari prospek dengan terus menjaga hubungan Anda dengan prospek ini menggunakan platform Customer Relationship Management (CRM). Dengan CRM, Anda dapat mencatat semua proses komunikasi dan membantu untuk mem-follow up prospek di waktu yang tepat. Kenali CRM lebih jauh dengan menghubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com