Return to site

Mengubah Pelanggan Sekali Beli Menjadi Pelanggan Loyal

· Tips Sales

Pembeli yang hanya melakukan pembelian satu kali (sekali beli) tidak dapat dianggap sebagai pelanggan. Karena, mereka tidak menghasilkan penjualan berkelanjutan yang umumnya dikenal sebagai langganan adalah mereka yang melakukan aktivitas jual beli secara tetap. Untuk menghasilkan pelanggan loyal, Anda dapat mengubah mereka yang hanya melakukan pembelian sekali untuk menjadi pelanggan loyal di perusahaan Anda. Apa saja yang harus Anda lakukan?

1. Menghubungi pelanggan melalui layanan email

Jangan pernah berhenti untuk meningkatkan komunikasi Anda dengan pelanggan setelah mereka melakukan pembelian. Apabila Anda memiliki kontak email pelanggan tersebut, cobalah untuk meminta izin agar dapat mengirimkan penawaran dan pembaruan yang dilakukan oleh perusahaan baik dalam produk maupun layanan. Dengan cara ini, akan ada waktu di mana pelanggan akan melakukan pembelian ulang kepada Anda.

2. Menawarkan program loyalitas

Program loyalitas merupakan program yang memberikan manfaat khusus kepada pelanggan yang melakukan pembelian secara berkelanjutan (langganan). Ada banyak model yang ditawarkan untuk menjalankan program ini diantaranya dengan sistem poin, ada pula yang menawarkan program loyalitas dengan memberikan penawaran khusus seperti diskon untuk pembelian produk tertentu atau setelah melakukan pembelian dengan nominal tertentu.

3. Personalisasi

Personalisasi merupakan strategi yang sangat penting untuk meningkatkan peluang kembalinya pembeli yang hanya melakukan pembelian dalam satu kali agar menjadi pelanggan yang loyal. Pemahaman akan pembeli yang seperti ini sangat penting untuk dilakukan agar dapat menciptakan peluang-peluang baru.

4. Meningkatkan hubungan

Ketika Anda menemukan pembeli yang hanya melakukan pembelian satu kali, Anda jangan patah semangat untuk menjalin komunikasi dan meningkatkan hubungan dengan pembeli tersebut. Apabila Anda berhasil meningkatkan kualitas hubungan dan pembeli merasa mendapatkan produk yang memberikan solusi atas masalahnya, maka hubungan ini akan menjembatani kesempatan untuk melakukan pembelian ulang.

5. Meningkatkan layanan pelanggan

Jangan hanya karena ia melakukan pembelian satu kali, Anda kemudian tidak memperhatikan pembeli tersebut. Buktikan bahwa Anda dapat memberikan layanan yang baik untuk semua pelanggan baru atau lama, pelanggan tetap atau yang baru melakukan pembelian satu kali. Dengan layanan pelanggan yang baik, pelanggan ini akan mengalihkan perhatiannya yang dapat meningkatkan kesempatan dalam melakukan pembelian ulang di masa depan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com