Return to site

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Dengan Teknologi

· Customer Service

Teknologi untuk bisnis kini sudah dapat dirasakan diberbagai lini bisnis. Tidak hanya membuat perusahaan semakin tumbuh, kehadiran teknologi ini berhasil meningkatkan kepuasan para pelanggan.  Bagaimana tidak, ketika pelanggan semakin mudah dalam mendapatkan produk, menjangkau perusahaan, menerima produk ini semua dapat memberikan imbas positif untuk kelangsungan hubungan pelanggan yang baik. Teknologi-teknologi yang kini berkembang haruslah digunakan dan dimaksimalkan sebaik mungkin oleh semua perusahaan yang ingin meningkatkan kepuasan pelanggan-pelanggannya. Karena, dengan teknologi yang tepat, maka pelanggan akan selalu merasakan kepuasan yang tidak terhingga. Berikut adalah beberapa lini bisnis yang perlu Anda maksimalkan fungsinya dengan menggunakan teknologi.

1. Aplikasi smartphone untuk urusan teknik dengan pelanggan

Pelanggan yang mengalami masalah dengan suatu produk, tidak perlu lagi menelpon atau datang ke kantor. Anda dapat mengembangkan aplikasi untuk kebutuhan teknik produk pelanggan. Misal, ketika pelanggan memiliki kendala pada mesin produksi yang dipesan kepada Anda, mereka cukup menggunakan aplikasi untuk meminta tim teknis dari perusahaan Anda datang. Anda pun dapat menambahkan sistem tracking untuk masing-masing tim teknis sehingga pelanggan mengetahui kapan tim Anda akan datang.

2. Pengembangan layanan chat terpadu

Banyak sistem chat yang dapat Anda pilih, Anda dapat menggunakan sistem chat terpadu yang dapat dengan mudah untuk diarahkan pada departemen tertentu di perusahaan Anda tanpa harus memutus chat yang sudah ada. Ini perlu dilakukan agar mengurangi waktu tunggu dari pelanggan ketika ia mengalami kendala dan Anda tidak dapat menyelesaikan sendiri atau harus diteruskan ke departemen lain yang memang menangani masalah pelanggan. Hal sederhana semacam ini dapat memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap tingkat kepuasan pelanggan.

3. Data rekam/riwayat pelanggan

Teknologi yang dapat menyimpan semua data pelanggan mulai dari proses pertama kali prospek menghubungi atau saat sales menghubungi prospek merupakan data penting yang memberikan pengaruh terhadap keberlangsungan bisnis dan cara menata strategi pemasaran dan penjualan di masa depan. Teknologi ini dapat Anda temukan pada sistem CRM yang dapat dengan mudah Anda temukan, seperti sistem CRM dari Sales1.

Itulah beberapa teknologi yang dapat Anda gunakan untuk menunjang bisnis Anda di masa depan. Apabila Anda ingin mulai menggunakan sistem CRM dan bingung akan menggunakan sistem CRM yang seperti apa, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com. Tim kami akan memberikan sistem CRM yang paling sesuai dengan bisnis dan pelanggan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com