Return to site

Menjaga Kreativitas Untuk Menjadi Sales Unggulan

Ketika kreatif dapat membawa kita pada penjualan yang maksimal

· Tips Sales

Meningkatkan kreativitas dalam bekerja sebagai sales di tengah persaingan yang ketat adalah modal utama agar salesperson dapat menjual dengan baik. Inovasi-inovasi dalam menawarkan, melakukan pendekatan hingga negosiasi perlu dilakukan agar bisa mendapatkan kepercayaan dari prospek dengan cepat. Sehingga, closing yang dianggap sulit untuk dicapai menjadi lebih mudah dan ringan. Mempertahankan rasa untuk ingin tahu akan membawa Anda tetap bersemangat dalam bekerja dan konsisten dalam menawarkan produk dan layanan melalui langkah-langkah inovatif. Mengembangkan kepercayaan, loyalitas dan menghasilkan referensi tanpa batas dapat membawa Anda pada kesuksesan menjadi salesperson. Berikut adalah beberapa tips yang efektif untuk membuka kreativitas dalam diri Anda agar bisa menjadi sales unggulan perusahaan.

 

1. Berani mengambil risiko

Selalu berusaha untuk lepas dari rasa puas, jenuh menjalani rutinitas adalah cara yang paling ampuh untuk meningkatkan kreativitas Anda. Cobalah untuk selalu berpikir lebih modern, berbasis data lama dan baru, memperbanyak membaca, belajar menganalisa adalah bagian penting yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Anda juga harus bisa mengambil risiko atas semua tindakan yang akan Anda lakukan selama itu tidak keluar dari jalur ketentuan perusahaan. Berani menjalani hal yang sulit menurut Anda dapat membawa kesuksesan dan pengalaman yang tak ternilai di masa depan.

 

2. Menetapkan target yang pantas

Anda ingin menjadi sales sukses, bukan berarti Anda memulainya dengan membuat target yang tidak masuk akal. Contoh, jika selama beberapa bulan Anda menghasilkan penjualan sebanyak Rp100.000.000,- maka Anda tidak bisa menargetkan penjualan Rp1.000.000.000 dalam 2 bulan. Karena itu menjadi hal yang sulit. Jika Anda ingin membuat target, maka Anda perlu membuat target yang pantas dengan pencapaian rata-rata terakhir. Jika penjualan Rp100.000.000,- Anda bisa menargetkan penjualan 100% dari pencapaian tersebut yakni menjadi Rp200.000.000. Penetapan target yang tidak masuk akal yang Anda lakukan hanya akan meningkatkan stress dan berimbas pada peningkatan proses penjualan yang tidak terorganisir dengan baik.

 

3. Menyamakan visi dan misi dalam tim

Visi dan misi sesama anggota tim yang ada dalam perusahaan sering kali membuat salesperson bekerja secara individual. Ini tentu akan mengurangi potensi untuk bisa bekerja kreatif. Untuk itu, satukan visi dan misi agar dapat menjual dengan baik bersama. Bukan hanya mengejar kesuksesan personal. Tumbuh bersama akan jauh lebih efisien untuk meningkatkan penjualan dibandingkan berjuang sendiri demi pertumbuhan pribadi. Mengapa demikian? Perusahaan memberikan target penjualan untuk bersama bukan untuk Anda seorang. Jika Anda mampu mencapai 50% dari target, sedangkan yang lain tidak mampu mencapai kekurangannya, maka tidak ada kata sukses untuk Anda!

 

4. Terhubung satu sama lain

Anda harus terhubung dengan orang-orang di dalam perusahaan, dengan prospek, pelanggan dan juga influencer. Dengan demikian akan tercipta komunikasi berkelanjutan yang dapat memberikan ide-ide menarik untuk meningkatkan potensi keberhasilan dalam setiap penjualan yang Anda lakukan. Semakin banyak orang yang Anda temui, semakin besar pula potensi untuk mendapatkan ide dan masukan agar Anda dapat bekerja dengan baik setiap saat.

 

Itulah tips untuk meningkatkan kreativitas dalam menjual agar Anda dapat menjadi salesperson unggulan perusahaan. Lengkapi usaha Anda dengan mulai belajar cara menggunakan CRM. Anda dapat menjadi pelanggan email newsletter kami untuk mendapatkan informasi dan tips yang berhubungan dengan penjualan, pemasaran dan leadership. Ingin menggunakan CRM berbasis cloud asli Indonesia? Silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com