Return to site

Penjualan Stagnan, Coba 3 Strategi Online Marketing Ini!

Cara ampuh mengatasi penjualan yang stagnan

Penjualan Stagnan, Coba 3 Strategi Online Marketing Ini!

Hasil penjualan tidak ada perubahan berarti setelah berbulan-bulan akan berdampak negatif pada psikologis tim sales yang Anda miliki. Ditengah kondisi penjualan yang stagnan, banyak perusahaan, UKM atau reseller yang memanfaatkan online marketing. Salah satu yang menjadi favorit ialah dengan Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO. Meski SEO memberi efek yang luar biasa, ada tiga strategi online marketing lainnya yang dapat Anda terapkan mulai sekarang untuk mengatasi penjualan online yang stagnan.

 

1. Memanfaatkan iklan berbayar di social media

Jika Anda memiliki website, mungkin itu sudah cukup untuk melakukan transaksi dan aset pemasaran online. Akan tetapi, penggunaan social media yang lebih eksklusif akan membangun brand tersendiri untuk produk Anda.

 

Iklan di social media tidak hanya di Facebook/Instagram dan juga Twitter. Tapi Anda dapat memanfaatkan aplikasi chatting yang saat ini sudah semakin menjamur.

 

2. Memanfaatkan metode penawaran terbatas dan pemberian voucher diskon pada website

Penawaran online adalah merupakan cara yang paling efektif untuk menarik perhatian pelanggan Anda. Jika Anda hanya fokus pada produk yang Anda miliki kemungkinan besar pelanggan tidak akan kembali ke website Anda. Dengan adanya voucher terbatas tersebut, pelanggan secara rutin akan melakukan pengecekan ke website Anda. Selain itu, voucher juga agar traffic website Anda semakin meningkat karena banyak pengunjung yang berlomba untuk mendapatkan voucher atau penawaran terbatas yang Anda berikan tersebut.

 

3. Memberikan rewards kepada pelanggan yang berlangganan email newsletter

Meningkatkan pertumbuhan daftar langganan newsletter untuk bisnis memiliki banyak keuntungan dimasa yang akan datang. Mengapa demikian? Ketika pelanggan Anda lupa dengan nama webiste atau toko online yang Anda miliki, email marketing yang Anda kirimkan kepada subscriber akan mengingatkan mereka untuk kembali melakukan transaksi.

 

Anda dapat memberikan penawaran berupa potongan harga langsung, kode voucher atau gift kepada pelanggan yang telah berlangganan lebih dari 1 tahun atau sesuai dengan ketentuan yang diinginkan oleh perusahaan.

 

Ketika Anda mulai menerapkan cara-cara diatas, Anda harus tetap melakukan analisa iklan mana yang paling efektif yang mendatangkan lead untuk perusahaan. Jangan lupa untuk terus melakukan kontak dengan pelanggan yang sudah ada agar bisnis Anda terus menunjukkan pertumbuhan.

Ilustrasi (c) Creative commons images