Return to site

Penjualan Terjadi Karena Proses Bukan Karena Situasional Saja

· Tips Sales

Sukses dalam penjualan bukanlah situasional. Karena Anda dapat melakukan penjualan baik ketika ada momen atau pun tidak ada momen. Semua dapat dicapai ketika Anda bisa menjalankan proses penjualan dengan benar. Meskipun demikian, setiap keberhasilan dalam penjualan yang bersifat individual, bukan hanya karena situasional saja. Ada beberapa hal yang dapat membuktikan mengapa pencapaian penjualan ini didapat bukan karena situasional namun melainkan bersifat individual:

1. Semua perusahaan dan tim sales memiliki kesempatan yang sama

Mari kita ingat kembali, ketika Anda menawarkan produk kepada prospek, perusahaan kompetitor juga menawarkan produk yang sama kepada prospek yang sama dengan yang Anda miliki, apakah ini akan menghasilkan peluang yang berbeda? Tidak, jika dikondisikan ini akan sama, peluang antara Anda dan kompetitor berawal dari kesempatan 50:50. Selanjutnya, untuk menghasilkan penjualan yang lebih baik, maka Anda harus menunjukkan penawaran yang lebih baik yang mana dalam hal ini harus disampaikan berdasarkan komunikasi dan kemampuan Anda dalam mengenal kebutuhan prospek.

2. Tidak ada faktor keberuntungan atau yang diuntungkan

Perusahaan kecil dengan sedikit uang, dianggap tidak mampu bersaing dengan pesaing dari perusahaan enterprise yang lebih besar, berpengalaman, dan profesional. Mereka dapat mengalahkan semua yang disebutkan. Pesaing yang lebih besar memiliki keuntungan dalam hal ukuran, skala, reputasi, dan semua hal yang mungkin dibayangkan oleh staf penjualan sebagai membantu dalam menciptakan preferensi dan dengan mudah memenangkan bisnis klien. Terlepas dari apa yang tampaknya menguntungkan, perusahaan yang lebih kecil dengan metode penjualan yang benar, mereka mampu menarik perhatian prospek yang sebenarnya juga dilirik oleh perusahaan kompetitor tersebut. Dapam proses penjualan tidak ada yang diuntungkan atau kompetitor yang diuntungkan, begitu pula dengan faktor keberuntungan. Semua diawali dari proses yang harus Anda jalankan dari awal hingga closing dan proses serupa juga dilakukan oleh kompetitor Anda

3. Interaksi lebih dari sekedar pendekatan

Dua staf penjualan menghubungi klien yang sama. Salah satu dari mereka memiliki pendekatan yang sama yang memungkinkan mereka untuk menciptakan nilai. Namun, bukan pendekatanlah yang harus diutamakan melainkan yang utama adalah interaksi. Membantu prospek memahami dunia mereka, mengeksplorasi perubahan, dan lebih mengenali apa yang perlu mereka lakukan untuk pindah dari keadaan mereka saat ini ke keadaan masa depan yang lebih baik. Bahkan ketika dua pesaing melakukan pendekatan yang seimbang, prospek tidak akan memiliki kesulitan dalam memutuskan dengan siapa mereka ingin membeli dan bekerja sama di masa depan. Karena prospek akan memilih karena proses dan interaksi yang Anda tunjukkan kepada mereka akan memberikan nilai bukan karena sebatas situasi saat itu Anda diuntungkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com