Return to site

Pentingnya Kemudahan Proses & Efeknya Untuk Bisnis

Memahami kemudahan untuk meningkatkan produktivitas tim

· Tips Sales

Kita selalu menginginkan kemudahan dalam setiap usaha yang kita jalani baik untuk kehidupan sehari-hari maupun dalam bisnis. seperti kemudahan menemukan bahan baku, kemudahan penjualan, kemudahan menarik prospek berkualitas dan lain sebagainya. Kami sering menyebutkan bahwa kemudahan merupakan salah satu cara untuk mencapai kesuksesan dalam penjualan. Tetapi, kami belum memberikan arahan untuk Anda bagaimana cara mencapai kemudahan tersebut.

 

Pada artikel kali ini, kami akan membahas sedikit lebih jauh tentang manfaat kemudahan selain untuk menarik pelanggan. Yang mana, dalam kemudahan juga terdapat pengalaman belanja dari pelanggan yang akan didapatkan oleh perusahaan.

 

Mengapa kita menyukai kemudahan dalam semua urusan kita? Jawabannya sangat sederhana, kemudahan membuat kita dapat menghemat energi untuk melakukan aktivitas-aktivitas lainnya. Secara sederhana, kita mendapatkan energi dari makanan yang kita konsumsi setiap hari, kemudian, energi tersebut akan terpakai dari waktu ke waktu sampai jam makan selanjutnya tiba. 

 

Jika kita terlalu boros dalam menggunakan energi, tentu kita akan kehilangan produktivitas. Dengan menggunakan energi yang baik, kita akan siap meningkatkan level kita dalam beraktivitas untuk memecahkan masalah-masalah baru yang lebih serius dan dapat menghabiskan energi kita. Begitu juga dalam proses penjualan, setiap kemudahan yang didapatkan dari proses penjualan Anda akan berimbas pada semakin tingginya nilai loyalitas pelanggan dan terus mengalami peningkatan level loyalitas mereka.

 

Meningkatkan loyalitas pelanggan merupakan bagian terpenting dalam sebuah bisnis untuk meningkatkan retensi penjualan dari pelanggan-pelanggan yang telah dimiliki. Karena nilai retensi penjualan pelanggan memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan dengan pembelian dari pelanggan-pelanggan baru. Selain pengalaman tersebut, pelanggan juga dapat menunjukkan nilai fokus dalam dirinya untuk terus menjaga hubungan dengan perusahaan.

 

Pengalaman-pengalaman lain yang didapatkan dari kemudahan yang diterima pelanggan ialah konsistensi. Konsistensi pelanggan sangat bagus untuk perusahaan. Ada beberapa hal yang dapat dihasilkan dari kemudahan proses penjualan untuk perusahaan:

  1. Kemudahan dalam pelatihan terhadap karyawan
  2. Kemudahan untuk meramalkan hasil
  3. Kemudahan untuk mengidentifikasi agar dapat meminimalisir beban perusahaan

Apa hubungannya kemudahan penjualan dengan ketiga poin tersebut? Jika kami perjelas lagi, kemudahan pelatihan terhadap karyawan ialah ketika Anda memiliki tim sales baru maupun tim customer service baru, Anda perlu menjelaskan rincian penjualan dengan lebih singkat karena proses penjualan Anda pun cukup mudah. Selanjutnya, ketika Anda melihat animo pelanggan bernilai positif, Anda dapat dengan mudah memprediksi tingkat penjualan Anda dalam tiap periode. Sedangkan yang terakhir, ketika semua proses dapat dilakukan dengan mudah Anda dapat meminimalisir beban perusahaan seperti, proses negosiasi yang terlalu panjang dan lain sebagainya.

 

Itulah mengapa, pengalaman pelanggan dalam melakukan transaksi yang mudah dengan perusahaan Anda akan berimbas positif untuk bisnis Anda. Selain itu, Anda dapat dengan mudah membuat program loyalitas dari kemudahan-kemudahan proses dan pengalaman yang didapatkan oleh perusahaan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com