Return to site

Perbedaan Antara CRM dengan Marketing Automation (Definisi)

Apakah CRM & MA itu sama?

· Tips Sales

Customer Relationship Management (CRM) serta Marketing Automation (MA) merupakan komponen yang dapat memberikan kekuatan kepada tim sales dan tim marketing untuk bisa menciptakan strategi dan formulasi perjalanan bisnis yang lebih baik. Banyak tim marketing yang saat ini mengelola banyak platform untuk menganilsa dan mengelola data-data yang mereka miliki sebagai bentuk dukungan terhadap tim sales agar menemukan target pelanggan yang memenuhi kriteria prospek berkualitas. Namun, platform manual memiliki kelemahan dimana pengolahan data masih terlalu lambat karena 80% analisa masih berbasis pada sumber daya manusia.

 

Perlu Anda ketahui, banyak tim sales dan tim marketing yang menganggap bahwa CRM dan Marketing Automation merupakan aplikasi/platform yang sama. Hal ini merupakan bentuk kesalahan terbesar yang perlu mendapat perhatian lebih dari tim maupun perusahaan. Karena, CRM dan Marketing Automation merupakan dua platform berbeda.


Jadi, apa perbedaan antara CRM dengan Marketing Automation?

 

Marketing Automation

Marketing Automation merupakan alat untuk membantu tim marketing agar menemukan arahan dan menyiapkan strategi yang tepat untuk tim sales melalui platofrm yang dapat menganalisa, menyimpan, mengelola dan juga untuk menjalankan strategi marketing. Marketing automation dapat berupa email marketing tools, social media tools dan alat-alat lainnya yang diperuntukkan untuk keperluan pemasaran.

 

Customer Relationship Management (CRM)

CRM adalah platform untuk mengelola informasi-informasi penting yang bersumber dari proses dengan pelanggan maupun prospek yang dikumpulkan dalam satu sistem untuk memudahkan tim sales dalam mengelola dan menentukan strategi penjualan serta untuk mengambil langkah penjualan yang lebih baik dan efisien. Fungsi utama dari platform CRM adalah untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dan melihat rekam jejak penjualan yang dapat membantu tim sales dalam menganalisa tren penjualan dan tren produk.

 

Untuk mengenal CRM lebih lengkap dan jelas, Anda dapat mengunjungi artikel kami yang berjudul Apa itu CRM dan Apa Manfaatnya Untuk Bisnis?

Ilustrasi (c) Unsplash.com