Return to site

Perencanaan Yang Perlu Dilakukan Salesperson Agar Sukses

Mematangkan perencanaan sebelum eksekusi

· Tips Sales

Tidak ada penjualan yang berhasil Anda capai karena kebetulan atau karena keberuntungan. Penjualan terjadi karena ada perencanaan yang baik serta eksekusi yang tepat dari Anda. Semua salesperson yang berhasil menjual adalah mereka yang tidak melewati peluang yang dimiliki dengan mengikuti semua proses penjualan sesuai dengan sales pipeline yang ditetapkan oleh perusahaan. Mereka yang bekerja dengan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki, disiplin dan memiliki perencanaan.

 

Berikut adalah kiat-kita untuk membuat dan mengelola hari Anda agar dapat sukses dalam semua penjualan.

 

1. Mengawali dan mengakhiri proses dengan penuh semangat

Kesuksesan yang akan Anda capai berawal dari bagamaina Anda mengawalinya, pengambilan keputusan serta bagaimana Anda mengatur waktu sebelum Anda sampai kantor. Yang artinya, jika Anda bangun pagi pada pukul 5.00/5.30 WIB, Anda memiliki waktu kurang lebih 2 jam untuk membuat perencanaan apa saja yang akan Anda lakukan sebelum berangkat ke kantor untuk menyelesaikan jadwal hari ini dengan baik. Pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk berpikir karena keadaan sekitar masih tenang, pikiran Anda lebih fresh. Sehingga Anda dapat fokus untuk membuat perencanaan untuk pekerjaan Anda hari ini.

 

2. Bersiap menghadapi kejutan

Dalam dunia sales, Anda akan dihadapkan dengan kejutan-kejutan yang dapat menghampiri Anda. Karena hal yang sudah Anda rencanakan dengan baik dapat menjadi rencana yang gagal atau bahkan di luar ekspektasi yang diharapkan. Ketika kejutan yang Anda dapatkan negatif, Anda harus tetap tenang, profesional dan tetap menunjukkan empati kepada prospek. Dengan demikian Anda dapat mundur dengan terhormat dibandingkan membalas dengan sikap negatif. Kejutan lainnya dapat berupa saat satu langkah Anda seharusnya sudah bisa menjual pada prospek, ternyata ia memutuskan untuk menggunakan produk lain.

 

3. Mengukur tingkat keberhasilan setiap hari

Apa yang Anda capai hari ini? Coba sejenak merekap semua hasil kinerja disaat Anda memiliki waktu luang. Manfaatkan waktu tersebut untuk berpikir dimana letak kesalahan dan pendukung kesuksesan (apabila Anda berhasil menjual). Catat semua informasi tersebut untuk bahan pribadi serta rekan satu tim Anda. Dengan demikian Anda memiliki data penting untuk memperbaiki maupun meningkatkan kemampuan Anda dan rekan satu tim untuk memiliki skill penjualan yang lebih baik.

 

4. Membuat jadwal dengan teratur

Keberhasilan seorang sales tidak luput dari jadwal yang rapih. Anda harus bisa menyusun jadwal meeting dengan prospek/pelanggan. Lakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penentuan jadwal yang Anda susun. Ketika Anda sudah memiliki jadwal, jangan hiraukan akun sosial media atau hal-hal lain yang dapat mengalihkan perhatian Anda pada suatu pekerjaan yang berakibat pada rusaknya jadwal yang sudah Anda susun.

Ilustrasi (c) Unsplash.com