Return to site

Robot Mulai Gantikan Peran Satpam?

Peran robot dalam menjaga keamanan perkotaan

· News

Perkembangan teknologi robot terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan beberapa robot telah diciptakan untuk menggantikan peran manusia seperti menjadi seorang waiters dan yang terbaru adalah sebagai penjaga keamanan.  Salah satu robot yang diberi nama kode K9 ini hadir untuk menjaga keamanan sekitar dari para tunawisma nakal di Amerika Serikat.

 

Masalah-masalah yang terjadi akibat tunawisma di Amerika Serikat ternyata tidak jauh berbeda dengan kehidupan di Indonesia. Banyak kejadian-kejadian kriminal yang disebabkan oleh mereka seperti pencurian bahkan pelecehan seksual.

 

“Selama musim panas, rumah kami dirusak sebanyak dua kali, bagian dalam rumah kami hancur, uang tunai dan barang berharga lainnya dicuri”. Ungkap juru bicara SF SPCA, Krista Maloney kepada TechCrunch. “Selanjutnya, kami mendapatkan laporan dari staff-staff kami dan relawan dengan keluhan yang sama dimana terdapat keluhan perusakan kaca mobil, pelecehan seksual di malam hari dan sebagainya” tambahnya.

 

Menurut keterangan Krista Maloney, penggunaan jasa robot jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa satpam/security. Ia menjelaskan, dengan menggunakan jasa robot K9 pengguna jasa hanya perlu membayar jasa sebesar USD6 per jam sedangkan jika menggunakan jasa satpam/security, pengguna jasa harus membayar sekitar USD16 per jam.

 

Selain untuk menjaga area pengguna, robot K9 ini dilengkapi dengan empat kamera. Selain itu, sistem komputasi yang tedapat pada robot ini mampu membaca sekitar 300 plat kendaraan per menit. Robot ini dapat bergerak dan mengawasi berbagai area dan mencatat siapa pun yang berada di sekitarnya.

 

SF SPCA sebagai ceator dari robot K9 ini mengungkapkan hadirnya robot ini berhasil menurunkan tindak kriminal di sekitarnya. Akan tetapi tidak disebutkan presentase penurunan tindak kejahatan tersebut.

 

Dengan hadirnya robot ini, area sekitar dapat dijaga selama 24/7 tanpa harus beristirahat layaknya manusia. Meskipun menggunakan tenaga manusia dapat diatur dengan sistem shift, biaya yang harus dibayarkan terlalu mahal akan menjadikan robot ini sebagai pilihan untuk menjaga keamanan sekitar.

Ilustrasi (c) Unsplash.com