Return to site

Saatnya Mengubah Cara Anda Dalam Menjual Produk!

Hilangkan kebiasaan lama dalam menawarkan produk

· Tips Sales

Pernahkah Anda berpikir sejenak untuk mengubah cara menjual yang Anda lakukan selama ini? Anda yang suka menawarkan produk dengan teknik penjualan lama yang berpusat pada produk dan teknik penjualan yang menghabiskan waktu prospek. Secara personal, apa yang akan Anda rasakan jika bertemu dengan sales yang hanya menawarkan produk, menjanjikan kualitas dan lain sebagainya tapi tidak pernah meminta Anda untuk berbicara menjelaskan apa yang dibutuhkan?

Demo produk untuk prospek yang tidak membutuhkan, itu bukan metode yang baik jika Anda tidak mengetahui kebutuhan prospek. Coba tanyakan kepada pembeli-pembeli yang Anda miliki saat ini. Apakah mereka akan senang dengan demo dari Anda seandainya ia tidak memiliki keinginan dan kebutuhan dengan produk yang ditawarkan? Tentu sebagian besar jawaban dari pelanggan akan mengatakan bahwa tidak senang dengan demo tersebut karena merasa dirinya tidak membutuhkan.

Metode lain yang tidak disukai oleh prospek adalah ketika Anda mengirimkan email penawaran maupun follow up yang tidak terhitung jumlahnya. Email yang mengganggu, tidak relevan dan cold calling yang tidak memiliki waktu dan izin dari prospek. Prospek mudah bosan dengan sikap salesperson yang seperti itu. Ia menginginkan sales yang mampu mendengarkan, mampu melayani, memberi solusi, membantu memberikan ide dan sales yang bersedia membantu mengembangkan bisnisnya.

Prospek tidak peduli dengan demo produk dan penjelasan produk Anda yang panjang lebar jika Anda tidak pernah meminta prospek menjelaskan masalah yang mereka hadapi. Itu adalah cara prospek dan pasar untuk mengambil keputusan pembelian saat ini. Ada banyak sales yang menawarkan produk, ada banyak produk yang ditawarkan dengan berbagai macam keunggulan, untuk apa prospek memilih sales yang tidak dapat mendengarkannya?

Pernahkah Anda memikirkan rasa bosan prospek yang hanya mendengarkan sales berbicara panjang lebar dan menghabiskan waktu efektif yang ia miliki? Jika Anda belum pernah memikirkan hal tersebut, Anda sudah tertinggal jauh dari tim sales perusahaan lain yang sudah fokus pada pelanggan dan lebih fokus untuk menjadi pendengar. Ubahlah cara Anda dalam menjual produk, jangan menjadi salesperson yang egois karena hanya memikirkan keuntungan untuk dirinya sendiri.

Ini bukan lagi ajang untuk menilai kualitas produk setinggi-tingginya di hadapan prospek agar mencapai penjualan. Tetapi, saat ini adalah ajang siapa yang ingin mendengarkan prospek dan mampu memberikan solusi yang tepat. Sudah saatnya Anda menjadikan pelanggan dan prospek bagian penting untuk perusahaan. Layani mereka dengan baik, berikan solusi bukan janji.

Berikan waktu untuk mendengarkan prospek bukan meminta prospek untuk memberikan waktu mereka guna mendengarkan Anda berbicara panjang lebar tentang produk. Berhentilah membuang waktu prospek dengan telepon dan meeting yang memakan waktu atau mengganggu waktu prospek. Siap atau tidak, Anda harus mengubah cara Anda dalam menjual! Karena prospek dan pelanggan perlu pelayanan dari sales bukan melayani sales!

Cari tahu, bagaimana CRM membantu Anda memaksimalkan pelayanan terhadap prospek dan pelanggan dengan menghubungi kami di hi@sales1crm.com. atau dengan mengunjungi halaman fitur.

Ilustrasi (c) Unsplash.com