Return to site

Bagaimana Prospek Menjadikan Salesperson Sebagai Bagian Keluarga

Menarik kepedulian prospek untuk hubungan jangka panjang

· Tips Sales

Dalam dunia sales, kita dapat bertemu dengan macam-macam karakter seorang prospek. Bahkan tak sedikit dari kita yang merasa bertemu dengan keluarga baru karena prospek dan sales mampu terhubung dengan baik. Ketika seorang prospek merasa dirinya sudah menyatu dengan salesperson dan berhasil menjadi orang yang membawa kesuksesan, ini akan menjadi nilai luar biasa yang tidak akan bisa dilupakan.

 

Momen seperti ini menjadi hal yang dapat membantu prospek untuk terus percaya dan senang menjadi bagian dari perusahaan Anda. Untuk itu, seorang sales harus menunjukkan nilai-nilai manusiawi di dalamnya bukan hanya sebatas ingin menjadikan prospek sebagai orang yang akan melakukan pembelian produk.

 

Biarkan prospek mengenal siapa Anda

Dalam konteks penjualan, kampanye dan hubungan memberikan peran penting untuk tercapainya tujuan sales untuk menciptakan penjualan. Satu sisi, prospek hanya akan berpikir bahwa Anda hanya akan menawarkan produk kepada mereka dan sisi lainnya adalah mengharapkan Anda membantu menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Oleh karena itu, biarkan prospek mengenal siapa Anda, bukan hanya sekedar sebagai salesperson saja.

 

Menjaga atau membangun hubungan adalah jembatan untuk menciptakan hal tersebut. Dengan hubungan baik antara Anda dengan prospek, ia akan lebih mengenal Anda dengan mudah dan dapat menilai sisi Anda lebih baik lagi. Dari yang awalnya hanya menilai sebagai sales, tapi ia mampu menjadikan Anda sebagai bagian dari keluarga besar perusahaannya.

 

Tunjukkan kepedulian Anda

Tanpa harus bertanya lagi, Anda wajib peduli dan memperhatikan prospek maupun pelanggan yang sudah Anda miliki. Mereka mengorbankan waktu untuk Anda, bahkan rela mengeluarkan uang mereka untuk Anda karena mereka tahu bahwa Anda layak mendapatkannya. Jika Anda hanya peduli pada produk dan bisnis Anda sendiri, jangan berharap mereka akan menjadikan Anda sebagai bagian dari keluarga, menganggap teman pun akan menjadi hal yang berat untuk mereka.

 

Jadikan kepedulian dalam kehidupan keluarga Anda untuk diterapkan pada seorang pelanggan atau prospek. Dengan cara ini mereka akan sangat mengapresiasi Anda secara personal dan siap menjadi orang yang selalu membeli produk yang Anda miliki sesuai kebutuhan mereka.

Ilustrasi (c) unsplash.com