Return to site

Seberapa Aman Menyimpan Data Pelanggan Pada Cloud-Based CRM?

Keamanan data pelanggan yang tersimpan pada sistem berbasis cloud

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia,CRM

Perusahaan yang terbiasa dengan penggunaan teknologi CRM on-premise, memiliki kecenderungan merasa ragu untuk menggunakan cloud-based CRM. Faktor utama yang membuatnya ragu adalah alasan keamanan data. Bagi yang belum memahami teknologi cloud, mereka merasa bahwa data-data yang disimpan pada cloud tidak dapat mereka kontrol sendiri karena hardware storage berada di pihak penyedia. Padahal, penggunaan cloud jauh lebih baik dibandingkan dengan penggunaan media penyimpanan on-premise.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda lebih baik menggunakan cloud-based CRM dibandingkan dengan on-premise

1. Keamanan jaringan Cloud-based CRM yang lebih terjamin

Ketika Anda masih mengadopsi on-premise CRM, tentu Anda harus mengikuti perkembangan keamanan jaringan seperti firewall dan lain sebagainya. Apabila Anda tidak memperhatikan hal ini, bisa saja Anda lupa untuk melakukan pembaruan. Tentu ini bisa menjadi kelemahan untuk data yang Anda miliki. Lain halnya apabila Anda menggunakan cloud-based CRM dari provider, keamanan jaringan lebih terjamin karena tidak mungkin perusahaan penyedia cloud-based CRM tidak memperhatikan keamanan jaringan yang mereka miliki.

2. Dapat memisahkan data publik dan data private

Cloud-based CRM memiliki kelebihan untuk memisahkan data-data yang ingin Anda bagikan pada publik dan yang bersifat private. Yang artinya, semua kontrol data berada pada kekuasaan penuh oleh Anda sendiri.

3. Lebih aman dari ancaman kehilangan data yang tidak disengaja

Aplikasi cloud-based CRM memiliki kelebihan untuk mengamankan data Anda secara berlapis. Karena cloud-based CRM dapat mencadangkan data-data yang Anda miliki secara otomatis. Hal ini akan membantu Anda menjaga data lebih baik dan mencegah kehilangan data ketika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Seperti, bencana alam, kerusakan hardware atau menghapus data yang salah secara tidak sengaja.

Itulah beberapa kelebihan dari cloud-based CRM dan tingkat keamanannya untuk data Anda. Namun, tidak semua bisnis harus menggunakan teknologi cloud. Untuk sebagian bidang bisnis, perusahaan masih tetap harus menggunakan CRM on-premise. Ingin mendapatkan informasi lebih mengenai keamanan data dari cloud-based CRM dan apakah bisnis Anda perlu menggunakan cloud-based CRM atau on-premise? Silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com atau dengan mengunjungi halaman contact-us.

Ilustrasi (c) Unsplash.com