Return to site

Seberapa 'Puas' Pelanggan Terhadap Produk Anda?

Definisi kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan

· Tips Bisnis,Business Blog
Seberapa 'Puas' Pelanggan Terhadap Produk Anda?

Seberapa puas pelanggan dengan layanan dan produk Anda? Apakah pernah Anda mendengar langsung dari pelanggan-pelanggan Anda secara pribadi ungkapan tersebut? Mengapa kepuasan pelanggan menjadi salah satu yang menguntungkan untuk perusahaan?

 

Itulah beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab dengan cepat sebelum membaca lebih dalam tentang tips membuat pelanggan puas ini.  Jika sudah Ada jawabannya, mari bandingkan dengan Apa yang Anda pikirkan dengan versi dari kami.

 

Apa definisi kepuasan pelanggan?

Bagi kami, rasa puas dari pelanggan bukanlah karena pelanggan menyukai layanan ataupun produk saja. Karena menyukai sesuatu belum tentu membuat kita puas. Kami ambil contoh, Anda suka makan nasi goreng, ketika Anda makan setiap hari apakah akan membuat Anda puas? Tidak, nasi goreng tersebut hanya mengurangi keinginan terhadap sesuatu yang disukai.

 

Bagi kami defisini kepuasan pelanggan ialah ketika ada kejutan yang dirasakan pelanggan dari layanan maupun produk yang Anda tawarkan atau mendapatkan sesuatu yang melebihi ekspektasi seorang pelanggan terhadap produk. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk membuat pelanggannya puas. Hanya saja, terkadang apa yang kita tawarkan tidak berhasil memuaskan mereka, justru pelanggan yang kita miliki lebih memilih kompetitor.

 

Berikut adalah tips untuk memuaskan pelanggan versi kami.

 

1. Memberikan reaksi ‘WOW’ kepada pelanggan

Ketika pelanggan memiliki pengalaman yang luar biasa, mereka akan merasa terkejut, tersanjung dan lain sebagainya. Disaat seperti itulah mereka akan merasa puas dengan layanan maupun produk Anda. Kebanyakan yang kami temui disini untuk membuat reaksi WOW dari pelanggan ialah dengan respon cepat, pengetahuan, kemampuan serta penyelesaian masalah.

 

2. Memberikan kejutan atau sesuatu yang tidak pernah diduga sebelumnya

Apa bedanya dengan efek WOW? Tentu hal ini sangat berbeda, disini bukan lagi tentang layanan ataupun produk yang akan Anda berikan kepada pelanggan. Justru disini adalah sesuatu yang belum pernah dialami oleh pelanggan sebelumnya. Sebagai contoh, ketika pelanggan terbaik Anda ulang tahun, Anda tidak hanya mengirimkan email otomatis dari bot saja. Coba lakukan dengan cara berbeda, misalnya pelanggan Anda saat ini berusia 60 tahun, Anda dapat memberikan kejutan berupa tambahan produk sesuai usia mereka. Misal tambahan diskon 60 persen di hari ulang tahun dan lain sebagainya.

 

3. Buat secara spontanitas dan original

Ketika Anda ingin memuaskan seorang pelanggan, Anda tidak harus bekerja dalam sebuah skenario. Buatlah secara spontanitas dan original. Sebagai contoh, ketika kita sedang bertanya kepada seorang customer service, siapapun yang jawab sering sekali membuat jawaban yang sama seperti mereka hanya meniru atau menjalankan tugas seperti dalam sebuah naskah. Buatlah kesan yang lebih original, akan tetapi mampu membuat pelanggan puas dengan layanan tersebut walau diluar SOP perusahaan.

 

Itulah tips dari kami untuk membuat pelanggan puas dengan layanan atau produk yang Anda miliki. Sebagai pesan terakhir pada artikel ini, kami ingin mengingatkan kepada Anda, bahwa memuaskan pelanggan itu bukanlah tentang menutupi produk yang buruk atau layanan yang buruk. Tapi, ini adalah merupakan upaya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan terhadap produk maupun layanan yang akan Anda berikan kepada mereka sebagai investasi perusahaan.

 

Cari tahu tentang bagaimana memuaskan pelanggan dengan mengikuti blog kami. Karena ada tips-tips sales, marketing dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan untuk meningkatkan penjualan. Daftarkan email Anda sekarang juga pada kolom subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com