Return to site

Slack Luncurkan Shared Channel Untuk Kolaborasi Antar Perusahaan

Fitur baru Slack yang semakin memudahkan tim bekerjasama

· News

Platform komunikasi antar tim dalam perusahaan atau organisasi, Slack mengumumkan fitur baru Shared Channels untuk kemudahan komunikasi antar perusahaan yang terpisah namun berada dalam satu Induk. Atau perusahaan yang memiliki manajemen terbagi berdasarkan market seperti cabang yang berbeda kota/provinsi.

Hadirnya fitur Shared Channels ini semakin memudahkan karyawan untuk berkomunikasi dalam satu saluran meski berbeda manajemen. Sebagai contoh, ketika tim sales Jakarta ingin membuat program mereka dapat berkolaborasi dengan tim dari manajemen di Surabaya, Medan, Bandung dan seterusnya. Dengan kolaborasi seperti ini, tim Jakarta dapat bertukar pikiran dengan semua tim sales dari manajemen-manajemen lain.

Fitur yang diumumkan pada 12 September 2017 lalu ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna standar maupun oleh pengguna plus.

“Shared Channels ini membuat proses lebih baik dan lebih dekat untuk Anda bekerja dengan perusahaan Anda dengan menggunakan layanan saluran di perusahaan Anda sendiri” ungkap Produk Manager Slack, Sean Rose dikutip dari Computer World.

Hadirnya fitur ini rupanya menarik perhatian pengguna-pengguna dari perusahaan besar. Menurut Direktur IDC Research, Wayne Kurtzman, fitur ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan dengan bekerja secara bersama-sama. Ia menilai, fitur yang diberikan oleh Slack ini jauh berbeda dengan layanan lain seperti memanfaatkan grup aplikasi chatting umum.

“Shared Channel memungkinkan perusahaan berkolaborasi secara utuh, bukan hanya untuk percakapan, tetapi aplikasi, alur kerja dan bot yang memungkinkan hasil kerja yang lebih cepat dan lebih lengkap dapat dilihat hanya dengan menggunakan satu dasbor” tambah Kurtzman.

Pihak Slack berjanji akan mengembangkan fitur-fitur lain, khususnya fitur yang dapat mempermudah perusahaan berkolaborasi.

“Setiap ekosistem aplikasi yang dibangun oleh pengembang kami akan bekerja dalam Shared Channel ini. Kami juga akan melihat ke depan, untuk melihat apa yang akan dibangun oleh pengembang untuk menangani semua jenis pekerjaan lintas perusahaan secara khusus” ungkap Rose.

Selain menambahkan fitur tersebut, Slack juga mengumumkan telah menambahkan bahasa selain EN-US, yakni bahasa Perancis, Jerman dan Spanyol. Selanjutnya Slack juga akan menambah bahasa Jepang setidaknya hingga akhir tahun ini.

Logo (c) Slack