Return to site

Smart City Part 5: Smart Building

Memanfaatkan teknologi untuk menciptakan bangunan yang ramah lingkungan dengan konsep Smart Building

· Smart City Indonesia

Apa itu Smart Building?

Smart Building adalah struktur yang menggunakan proses otomatis untuk mengendalikan operasional dalam sebuah bangunan seperti untuk pemanasan, ventilasi, penyejuk ruangan, pencahayaan, keamanan dan sistem-sistem lainnya.

 

Smart Building menggunakan teknologi berupa sensor maupun microchip untuk mengumpulkan data dan mengelolanya sesuai dengan fungsi maupun layanan bisnis. Teknologi ini dapat membantu pengelola maupun pemilik untuk mengurangi penggunaan energi dan meminimalisir dampak dari lingkungan.

 

Jika kita lihat dari sejarahnya, manusia awalnya tidak memiliki tempat tinggal tetap atau bahkan memanfaatkan goa sebagai rumah. Kecerdasan manusia yang terus meningkat pun akhirnya berhasil menciptakan rumah yang disesuaikan dengan tekstur tanah dan musim. Hal ini pun dapat menjadikan rumah tua jaman dulu sebagai Smart Building menurut penilaian orang-orang di masa manusia saat menjadikan goa sebagai tempat tinggal

 

Akan tetapi Smart Building di era modern adalah bangunan yang memanfaatkan teknologi komputer dan internet untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitasnya. Seperti dengan memanfaatkan software, internet dan juga alat-alat IoT (Internet of Things). Pada tingkat kebutuhan yang paling mendasar, Smart Building ini akan meningkatkan produktivitas, kenyamanan termal, kualitas udara, keamanan fisik bangunan dan lain sebagainya dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan konsep bangunan biasa.

 

Bagaimana menciptakan Smart Building

Membuat Smart Building dimuai dengan menghubungkan sistem inti seperti penerangan, meter listrik, meter air, pompa, pemanas, alarm kebakaran dan lain sebagainya dengan sistem kontrol. Pada tahap selanjutnya, elevator dan kunci bangunan juga akan menjadi bagian dari Smart Building ini.

 

Berikut adalah sedikit gambaran Smart Building yang dibuat oleh Institute For Business Efficiency

Smart Building Concept

Keuntungan

Keuntungan utama dari Smart Building adalah penghematan energi karena sistem dapat menentukan kapan harus menyalakan/mematikan listrik, pompa atau menyalakan AC dengan tepat. Selain itu Smart Building juga memiliki peran penting untuk mengantisipasi kebakaran atau bencana alam.

 

Meski saat ini belum ada teknologi yang dapat dicontohkan dengan detail, perkembangan IoT dan Smart Home merupakan contoh yang paling sederhana untuk Anda. Karena kedua teknologi ini nantinya akan menjadi bagian dari Smart Building.

Ilustrasi (c) Wikimedia Commons