Return to site

Otomasi Sebagai Masa Depan Dalam Marketing & Penjualan

Perkembangan teknologi otomasi untuk sales & marketing

· Tips Sales,Tips Marketing,CRM

Software atau aplikasi otomasi untuk berbagai macam kebutuhan sudah bisa kita rasakan sejak dulu. Contoh yang paling sederhana kehadiran mesin dalam kehiduapan manusia yang sangat memudahkan masyarakat biasa dan industri untuk meningkatkan produktivitasnya. Dalam marketing dan penjualan, otomasi sudah mulai menjadi suatu hal yang dilirik oleh perusahaan-perusahaan baik menengah maupun enterprise.

Alasan utamanya adalah untuk meningkatkan produktivitas dalam memasarkan dan juga untuk penjualan. Jika kita kembali pada metode lama, dimana belum ada yang namanya Microsoft Office, untuk menyimpan data penjualan, data pelanggan dan semua data-data penting seperti penjualan disimpan dalam kertas dan kita akan kesulitan untuk membuat personalisasi data. Keamanan data pun menjadi tantangan, karena dalam metode ini rentan mengalami kerusakan.

Kemudian, software-software komputer hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti Spreadsheet, Power Point, Software kasir dan lain sebagainya. Software semi-otomasi ini pun dapat meningkatkan kinerja tim lebih baik dibandingkan dengan saat teknologi tersebut belum hadir. Perkembangan teknologi ini pun terus berkembang dan semakin canggih denngan inovasi-inovasi baru untuk kebutuhan pemasaran dan penjualan.

Kita bisa lihat CRM dan Sales Force Automation saat ini sudah bisa kita manfaatkan dengan membuat/mengembangkan sendiri atau dengan memanfaatkan penyedia CRM kepercayaan Anda. Teknologi ini mampu mengumpulkan data dalam satu tempat yang dapat menggantikan teknologi Spreadsheet yang sudah lama menjadi pilihan.

Banyak perusahaan yang memilih untuk beralih pada CRM dan Sales Force Automation karena dinilai lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan di masa yang akan datang. CRM yang dikembangkan saat ini memiliki potensi perkembangan lebih cepat di masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini, CRM sudah dinilai cukup untuk membantu tim sales dan marketing dalam bekerja.

Namun, jika kami boleh menilai, teknologi CRM saat ini kebanyakan masih sebagian kecil dari teknologi otomasi. Yang artinya, di masa depan CRM akan terus mengalami perubahan yang sangat signifikan untuk membantu sales dan marketing dalam mengelola data pelanggan untuk menjaga hubungan yang lebih baik. Tak hanya CRM, alat-alat otomasi lainnya seperti email marketing, personalisasi marketing dan semua hal yang berhubungan dengan penjualan akan mendapat dukungan dari software otomasi di masa depan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah berinvestasi pada sales dan marketing automation saat ini, artinya Anda sudah memiliki kesiapan yang lebih baik. Karena Anda akan terbiasa dengan perkembangan-perkembangan software otomasi yang akan terus mengalami perubahan di masa depan.

Siapkah Anda menghadapi perubahan tersebut?

Ilustrasi (c) Pexels.com