Return to site

Software CRM Untuk Menciptakan Strategi Penjualan

Mengembangkan strategi penjualan dengan software CRM

· CRM,CRM Di Indonesia,Tips Sales

Ketika pelaku bisnis mulai menyusun strategi untuk penjualan mereka, ada banyak aspek yang harus diperhatikan untuk bisa memaksimalkan keuntungan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Karena itu, bisnis dapat berjuang dengan fokus pada strategi yang harus diprioritaskan atau dengan strategi tambahan yang diditentukan ketika terjadi kesalahan prediksi. Jika Anda tidak yakin dengan strategi yang akan diprioritaskan, CRM membantu Anda memperbaiki semua keraguan tersebut. Mengapa CRM dapat membantu Anda memperbaiki penjualan dan strategi untuk bisnis Anda di Indonesia?

1. Mengatur, membangun dan menyimpan database pelanggan Anda saat ini

Sistem CRM yang paling mendasar adalah untuk membangun database pelanggan yang memungkinkan untuk mengatur tempat pelanggan seharusnya berada. Bukan hanya pada pelanggan, database produk dan layanan yang di pesan pun dapat Anda tempatkan pada satu tempat yang terpusat sesuai kategori masing-masing.

Kemampuan aplikasi CRM dasar ini memudahkan Anda ketika mendapatkan komplain dari pelanggan dan juga untuk menyelesaikan masalah dengan cepat serta dapat menghindari kesalahan yang sama di masa depan. Dengan CRM, Anda dapat melacak produk/layanan yang paling diminati pelanggan Anda saat ini. Tentu ini sangat baik untuk menentukan apakah Anda harus melanjutkan produk tersebut atau membuat sedikit perubahan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

2. Laporan langsung dan pengelola kampanye penjualan tertarget

Di Indonesia, tidak sulit bagi Anda untuk menemukan produk-produk yang serupa yang menjadi kompetitor produk Anda. Akibat persaingan ini pun perusahaan harus bisa menentukan pasar yang tepat untuk menjalankan pemasaran. Ketika Anda tidak memiliki sistem yang dapat melacak dimana pasar yang tepat untuk memasarkan produk, tentu biaya yang dikeluarkan untuk keperluan marketing akan membengkak.

Dengan CRM Anda dapat melihat pasar mana yang menunjukkan kekuatan penjualan produk Anda. Sebagai contoh, ketika Anda akan memasarkan produk baru, Anda dapat melihat laporan penjualan pada sistem CRM dengan melihat pelanggan terbanyak pada suatu wilayah penjualan Anda. Dari hasil tersebut Anda dapat fokus untuk kampanye di pasar yang menunjukkan penjualan tertinggi bukan berdasarkan estimasi.

3. Menemukan, menjaga dan mengembalikan pelanggan

Software CRM adalah cara cepat, otomatis dan mudah untuk mengumpulkan, mengatur, mengelola dan meninjau informasi mengenai pelanggan saat ini maupun mantan pelanggan Anda. CRM dapat memudahkan Anda untuk mengidentifikasi tingkat keberhasilan dan kegagalan, dimana tim sales dan tim yang memberikan layanan kepada pelanggan seperti customer service atau tim teknisi dapat mengembangkan layanan untuk memperbaiki pelayanan purna jual.

CRM dapat membantu Anda mengidentifikasi pelanggan yang loyal serta dapat membantu Anda menciptakan pelanggan loyal baru. Ketika perusahaan ingin menarik kembali mantan pelanggan, perusahaan dapat melihat riwayat terakhir pelanggan tersebut melakukan pembelian. Cari tahu titik kesalahan dan perbaiki kesalahan tersebut. Dengan memberikan penawaran khusus untuk mantan pelanggan, Anda dapat mengembalikan mereka.

Itulah mengapa CRM mampu menjadi titik utama dalam menentukan strategi sales yang dapat diandalkan oleh perusahaan. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang CRM? Silakan kirimkan email ke hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com