Return to site

Solusi Sistem CRM Untuk Bisnis FinTech (Financial Technology)

· CRM FinTech,CRM di Jakarta

Fintech adalah salah satu industri yang berkembang sangat pesat saat ini. Dua komponen yang membuat industri ini berkembang adalah, keuangan dan teknologinya. Relevansi fintech tersebar di semua industri dan bahkan sudah memasuki kehidupan pribadi kita. Baik itu layanan keuangan tradisional, seperti perbankan dan asuransi, atau cara baru dalam investasi, pembayaran atau pendanaan, fintech telah mengubah seluruh sektor layanan keuangan.

Sementara itu, teknologi yang berkembang telah memberi konsumen berbagai macam layanan untuk dipilih guna memenuhi kebutuhan finansial mereka. Faktanya, survei menunjukkan bahwa pengalaman pelanggan sekarang menjadi penentu utama kesuksesan merek apa pun. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan FinTech untuk berinvestasi dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggannya. Sistem Customer Relationship Management (CRM) adalah solusi yang memungkinkan perusahaan melakukan hal itu. Ada beberapa alasan mengapa perusahaan fintech harus menggunakan CRM.

1. CRM memantau perilaku pelanggan dan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi

Metode perbankan dan investasi tradisional sudah lama berlalu. Pelanggan mengharapkan penyampaian layanan yang cepat dari penyedia layanan melalui berbagai saluran komunikasi dan preferensi yang mereka inginkan menjadi mudah diketahui dan diingat perusahaan. Pelanggan menuntut untuk disajikan konten penawaran dan layanan yang sesuai dengan selera mereka. Sistem CRM dapat melakukan hal tersebut untuk memberikan jenis konten yang disukai setiap pelanggan. Dan itu dilakukan tidak hanya dengan mengasimilasi umpan balik dan keluhan mereka, tetapi juga dengan secara aktif memantau perilaku mereka secara online dan menjalankan analitik kompleks setelahnya.

2. CRM mengintegrasikan semua layanan Anda yang ada ke dalam platform terpadu

Satu hal yang tidak dapat dari bisnis di sektor mana pun yaitu efisiensi. Sama halnya untuk bisnis di sektor fintech, skalabilitas merupakan kebutuhan yang tak terelakkan bagi setiap perusahaan jika ingin bertahan lama. Bisnis yang berkembang dan basis pelanggan yang meningkat berarti lebih banyak pekerjaan dan kebutuhan akan lebih banyak pekerja. Tambahkan layanan baru jika dibutuhkan dan perusahaan dapat mengakomodasinya melalui pembentukan departemen baru, mempekerjakan lebih banyak karyawan dan menerapkan perangkat lunak baru. Dengan solusi CRM, Anda dapat menyatukan semua kebutuhan bisnis Anda di satu platform. Dengan alat otomatisasi yang sangat mudah beradaptasi, sistem CRM dapat mengambil alih fungsi semua departemen Anda dan menjalankannya dengan cara yang lebih sederhana.

3. Sistem CRM yang aman

Bank, layanan asuransi, platform crowdfunding, pembayaran digital, dan setiap layanan keuangan lainnya semuanya memiliki satu kesamaan. Mereka semua membutuhkan fitur keamanan paling kuat untuk mencegah pembobolan data sensitif dan kehilangan uang. Pada tahun 2020 ini, kami semua sangat menyadari risiko keamanan yang kami hadapi jika data pelanggan kami tidak terlindungi dengan baik. Sektor keuangan sangat rentan karena sifatnya adalah bisnis berupa layanan. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk menggunakan solusi CRM yang dapat dipercaya, melakukan update dan cermat dalam menjaga keamanan data. Sistem CRM yang baik akan benar-benar memastikan bahwa integrasi fungsi, kesederhanaan penggunaan, komunikasi yang cepat, dan penyampaian layanan yang dipersonalisasi tidak akan membahayakan data sensitif atau keamanan pengguna dengan cara apa pun.

semakin banyaknya bisnis dan pengguna individu yang beralih ke metode transaksi keuangan non-tradisional, perusahaan FinTech perlu menawarkan tidak hanya solusi baru tetapi juga platform menarik yang berhasil memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com