Return to site

Spreadsheet Yang Tidak Lagi Efektif Untuk Salesperson

Keandalan spreadsheet di era teknologi baru untuk sales

· CRM di Jakarta,CRM,Tips Sales

Kehadiran teknologi dalam kehidupan sehari-hari membawa kita pada proses yang lebih mudah dalam bekerja. Teknologi juga mengubah sales dalam meningkatkan proses data yang lebih baik dengan kehadiran macam-macam software seperti spreadsheet.

Pada masa-masa ketergantungan perusahaan terhadap spreadsheet, mereka memanfaatkan teknologi ini untuk segala macam kebutuhan. Seperti untuk membuat penawaran, akuntansi hingga untuk menyimpan data-data pelanggan. Kehadiran teknologi ini pun membuat perusahaan lebih mudah dalam mengolah data di masa kejayaannya.

Spreadsheet bukanlah teknologi yang sudah tidak dapat difungsikan, tentu ini masih menjadi teknologi yang sangat berguna untuk penyimpanan data perusahaan. Namun, untuk penjualan, memanfaatkan spreadsheet sudah tidak lagi efektif seperti pada masa lalu. Seperti, dalam hal pelaporan, tim sales harus menunggu kembali ke kantor untuk memperbarui data atau dengan merekrut karyawan khusus yang mengupdate laporan tim sales untuk mereka masukkan pada spreadsheet.

Sayangnya, ketika tim sales harus membuat laporan saat tiba di kantor, tak sedikit dari mereka yang harus pulang terlambat untuk menyelesaikan laporannya. Sedangkan jika memasukkan secara manual oleh staf khusus, kemungkinan adanya kesalahan dalam memasukkan data sangat terbuka. Contoh sales A mengirimkan laporan pada staf khusus untuk memperbarui spreadsheet di kantor, karena ia sedang tidak konsentrasi, data tersebut ia masukkan ke prospek yang tidak tepat. Ketika hal ini terjadi, tim sales lah yang akan mendapatkan masalah besar. Begitu juga saat tim sales melakukan pembaruan data sendiri. Ketika ia melihat jam yang sudah cukup malam, ia pun ingin bekerja cepat dan tidak sadar kalau dia telah memasukkan data yang salah dalam spreadsheet laporan tersebut.

Selain masalah input data, untuk menganalisa data yang sudah didapatkan oleh tim sales pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Tim sales harus merumuskan data tersebut dan menyatukan semua laporan dari seluruh tim untuk memastikan hasil analisa yang didapatkan. Satu file spreadsheet yang hilang dapat berpengaruh pada seluruh hasil analisa yang dibuat oleh tim Anda.

Beralih dari spreadsheet dengan menggunakan aplikasi CRM menjadi solusi untuk tim sales dalam bekerja. Terlebih lagi apabila aplikasi CRM yang digunakan merupakan aplikasi berbasis cloud. Tim sales dapat lebih mudah dalam menginput data, mereka tidak perlu menunggu kembali ke kantor untuk memperbarui proses, cukup dengan menggunakan smartphone yang mereka miliki, data dapat diperbarui saat itu juga.

Kenali bagaimana aplikasi CRM dapat mengganti spreadsheet untuk membantu memperbaiki pembaruan data tim sales Anda dengan menghubungi kami di hi@sales1crm.com atau dengan membaca artikel-artikel kami lainnya. Apabila Anda tidak ingin kelewatan pembaruan tips dari kami, silakan daftarkan email Anda pada kolom subscribes di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com