Return to site

Stop Bermain Dengan Harga, Mulailah Dengan Nilai

Jangan hanya fokus pada harga, karena bukan harga yang utama!

· Tips Sales

Kita selalu khawatir dengan pengeluaran yang besar untuk para karyawan, pengeluaran untuk bahan baku atau pengeluaran produksi maupun modal pengadaan infrastruktur. Kita sering khawatir pengeluaran yang sangat besar tersebut tidak diimbangi dengan penjualan yang tinggi dan pendapatan cukup untuk dapat menutup semua pengeluaran dan membawa keuntungan.

 

Kita sering takut menghadapi persaingan pasar dan selalu mengikuti arus dalam bermain harga produk. Alasannya selalu sama, takut tidak laku jika dijual mahal. Kami sudah memberikan beberapa artikel terkait dengan harga ini, salah satunya adalah bagaimana Anda dapat meningkatkan penjualan meskipun Anda menaikkan harga produk. Serta bagaimana perusahaan yang takut menaikkan harga produk adalah merupakan perusahaan yang mempertahankan cara pikir yang salah.

 

Berhentilah bermain dengan harga!

Jika Anda masih takut produk tidak laku dan mengikuti permainan harga dalam persaingan, maka Anda tidak memiliki pembeda. Tidak ada hal eksklusif yang dapat Anda tawarkan kepada pelanggan-pelanggan Anda. Apakah “murah” yang Anda jadikan sebagai penawaran terbaik untuk mendapatkan keuntungan?

 

Tentu sangat mustahil bagi Anda untuk mempertahankan cara tersebut. Jika Anda hanya bermain pada harga, kapan Anda mampu meningkatkan kualitas produk dan layanan? Coba Anda perhatikan tiga hal berikut ini sebagai bahan pertimbangan Anda.

  1. Produk berkualitas artinya membutuhkan bahan baku berkualitas, bagaimana cara Anda membeli produk berkualitas jika keuntungan Anda lebih rendah karena menawarkan produk dengan harga murah?
  2. Jika Anda ingin memperbaiki layanan kepada pelanggan, bagaimana cara Anda menambah karyawan apabila keuntungan Anda hanya sedikit?
  3. Sampai kapan Anda akan fokus pada harga jika pendapatan semakin menurun?

Sanggupkah Anda menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan dengan biaya dan harga?

Sales meme

Mulailah bermain pada nilai

Tidak ada produk/layanan yang tidak dapat dinilai oleh pelanggan. Produk yang bernilai tinggi akan selalu memiliki harga yang mahal. Jika Anda pernah membaca artikel kami lainnya, bahwa pelanggan tidak membeli karena harga saja, melainkan ada faktor nilai di dalamnya. Ketika Anda berhasil memainkan nilai dari produk, Anda tidak perlu khawatir apakah produk Anda akan laku atau tidak. Jika Anda menanamkan nilai mulai dari sekarang, maka produk Anda akan terus mengalami peningkatan harga dari tahun ke tahun tanpa harus memikirkan persaingan harga pasar.

 

Nilai apa saja yang harus Anda mainkan?

  • Nilai dari produk/layanan itu sendiri
  • Nilai dari layanan pelanggan
  • Nilai dari hubungan antara perusahaan dan pelanggan
  • Nilai loyalitas dan komitmen perusahaan terhadap pelanggan

Ketika Anda berhasil menyatukan empat nilai ini dalam produk Anda, Anda dapat menentukan harga sendiri dan mengambil keuntungan dengan baik. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir lagi dengan persaingan di luar. Karena nilai yang Anda berikan akan membangun kepercayaan yang sangat kuat dari pelanggan.

Ilustrasi (c) The Blue Diamond Gallery