Return to site

Sukses Penjualan Berawal Dari Kesuksesan Memilih Prospek

Perbaiki cara Anda untuk mendapatkan prospek

· Tips Sales

Jika selama ini Anda merasa bahwa kegagalan dalam penjualan karena Anda tidak mampu, sebenarnya Anda sudah membatasi diri Anda sendiri untuk menjadi salesperson yang lebih baik. Karena, semua orang memiliki kemampuan untuk menjual atau closing dengan prospek-prospek yang mereka miliki. Namun, untuk mencapai semua itu, salesperson harus berusaha untuk memperbaiki proses selama melakukan pendekatan.

Perlu Anda ketahui, kegagalan yang dialami oleh salesperson juga dikarenakan faktor proses penjualan dan bagaimana kualitas prospek yang dimiliki. Jika Anda memiliki proses pendekatan yang buruk itu artinya Anda memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan prospek yang kurang berkualitas pula. Hal ini tentu bukan karena Anda tidak dapat menjual atau tidak memiliki kemampuan sales. Melainkan kegagalan berasal dari proses yang salah sehingga Anda tidak mampu membawa prospek berkualitas.

Apakah sampai disini Anda sudah jelas tentang dimana letak kesalahan Anda yang membuat proses penjualan jadi terhambat? Jika belum, kami akan memberikan sedikit penjelasan lain untuk Anda!

Untuk menemukan prospek yang berkualitas, Anda membutuhkan banyak informasi tentang mereka. Dimana informasi-informasi ini adalah yang dapat Anda manfaatkan untuk menggali lebih dalam tentang kebutuhan prospek. Apabila Anda tidak mengetahui tingkat kebutuhan dan apa yang mereka inginkan, bagaimana cara Anda bisa memahami pelanggan Anda?

Jika Anda mendapatkan telepon atau email dari orang yang bertanya tentang produk yang Anda jual, itu tidak dapat langsung dikatakan sebagai prospek. Karena Anda harus mencari tahu informasi-informasi lebih jauh tentang orang yang melakukan panggilan tersebut. Jika hanya karena melakukan panggilan Anda sudah beranggapan itu adalah prospek yang memenuhi syarat, itu artinya Anda telah melakukan kesalahan dalam memilih calon pelanggan.

Banyak sales yang beranggapan bahwa prospek yang tidak melakukan pembelian saat ini, hanya menunggu waktu untuk mereka kembali dan melakukan pembelian. Ungkapan tersebut memang benar, tetapi tidak ada hal yang dapat menjamin ungkapan tersebut. Bahkan, jika Anda berusaha untuk terus mendekati prospek ini, Anda hanya akan menghabiskan waktu dalam bekerja.

Yang seharusnya Anda lakukan adalah dengan dengan mempersempit fokus dan lebih memperhatikan dengan siapa Anda akan menghabiskan waktu lebih banyak. Karena yang Anda perlukan adalah untuk dapat mencapai penjualan saat ini bukan tahun depan atau tahun-tahun selanjutnya.

Ketika Anda tidak dapat memilih prospek berkualitas yang dapat melakukan pembelian saat ini, bagaimana cara Anda bisa mencapai target penjualan? Jika Anda ingin sukses hari ini, maka Anda harus mencari prospek berkualitas yang dapat membantu Anda mencapai penjualan hari ini pula. Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk prospek yang tidak dapat melakukan pembelian dalam waktu dekat, karena itu bukanlah prospek yang perlu Anda prioritaskan.

Kesimpulan:

Kegagalan Anda dalam menjual berawal dari bagaimana cara Anda memilih prospek. Jika Anda hanya mencari prospek tetapi tidak memenuhi syarat prospek berkualitas, itu artinya Anda sedang berada pada posisi salah yang akan selalu membawa Anda pada kesuksesan penjualan saat ini. Jika Anda serius dengan upaya penjualan Anda, maka mulailah untuk memilih prospek dengan tepat. Karena semua kesuksesan Anda berawal dari keberhasilan Anda menjalankan proses dengan baik dan prospek yang berkualitas.

Ilustrasi (c) Unsplash.com