Return to site

Teknik Penjualan Yang Harus Dikuasai Oleh Sales

Ini yang harus dilakuka sales agar mampu menjadi sales pro

· Motivasi,Sales Strategy

Teknik penjualan tentu memiliki banyak variasi. Untuk memilih mana yang paling tepat, itu tergantung pada bagaimana cara Anda dalam memilih dari masing-masing teknik dan menyaringnya menyesuaikan dengan yang paling efektif menurut Anda. Dalam dunia sales, dalam setiap proses tentu memiliki teknik. Mulai dari teknik dalam melakukan panggilan pada pelanggan, melakukan presentasi dan juga teknik saat membuat penawaran. Teknik penjualan ini juga dapat menjadi pedoman bagi masing-masing sales untuk memandu mereka agar dapat bekerja lebih efektif dan mampu dalam mencapai atau bahkan melebihi target  penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Teknik-teknik dalam penjualan pun akan selalu diperbaiki atau diperbarui seiring dengan pengalaman dari sales tersebut. Di sini, kami akan memberikan beberapa teknik penjualan yang dapat menjadi salah satu teknik yang dapat Anda terapkan dalam mencapai penjualan. Apa saja yang teknik tersebut? Berikut daftarnya untuk Anda!

1. Rencanakan penjualan yang harus Anda kerjakan

Perencanaan adalah teknik yang paling utama yang harus Anda buat untuk menghasilkan penjualan. Sebelum Anda melakukan pitching, tentunya Anda sudah memiliki rencana yang matang untuk proses tersebut. Dari perencanaan ini Anda akan menghasilkan strategi-strategi yang perlu dilakukan agar prospek dapat tertarik dan percaya terhadap Anda secara personal serta percaya terhadap produk yang Anda tawarkan.

2. Kerjakan perencanaan Anda

Perencanaan tetaplah perencanaan yang tidak dapat berfungsi apa-apa jika Anda tidak mengerjakan perencanaan tersebut. Mengapa ini masuk dalam teknik? Percuma apabila Anda memiliku perencanaan tetapi tidak diikuti dengan benar. Menjalankan perencanaan juga membutuhkan teknik, jadi setelah Anda memiliki perencanaan, bagaimana cara Anda menjalankan perencanaan tersebut.

3. Fokus pada upaya untuk mengubah minat menjadi kebutuhan

Sales akan menghasilkan penjualan apabila ia dapat mengubah keinginan prospek menjadi sebuah kebutuhan. Untuk itu, Anda harus memiliki teknik yang dapat mendorong keinginan tersebut agar dapat menjadi kebutuhan. Seperti dengan menawarkan solusi, bagaimana produk Anda nanti ketika sudah digunakan oleh pelanggan dan lain sebagainya. Fokuskan proses Anda pada usaha untuk memberikan solusi dari kebutuhan tersebut. Maka minat dari prospek akan berangsur berubah menjadi kebutuhan.

4. Kuasai proses

Teknik penjualan yang sering dilupakan oleh sales adalah ketika ia hanya mampu menjadi orang yang berada di bawah tekanan prospek. Hal seperti ini dianggap biasa oleh sales, yang sejatinya tekanan yang diberikan oleh prospek sebagai bentuk bahwa Anda tidak dapat menguasai proses. Untuk itu, jika Anda ingin menghasilkan penjualan dan memastikan bahwa Anda adalah pilihan yang tepat bagi prospek adalah menguasai proses-proses tersebut.

Itulah teknik-teknik penjualan yang dapat kami berikan kepada Anda. Sempurnakan teknik Anda dengan menggunakan sistem CRM. Dengan aplikasi CRM, Anda dapat mempelajari pola dari setiap pelanggan dan prospek berdasarkan data yang tersimpan pada sistem yang dapat Anda konversi untuk menjadi teknik-teknik sesuai dengan tips-tips dari kami. Butuh informasi lebih lanjut mengenai CRM, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com