Return to site

Teknologi Jaringan 5G Diharapkan Siap Pada 2020

Menunggu kehadiran 5G di dunia

· News

Pengembangan jaringan 5G sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir dari berbagai perusahaan telekomunikasi dan teknologi di seluruh dunia. Mereka mulai melakukan serangkaian pengujian teknologi tercepat di dunia ini. Saat ini, perusahaan sudah banyak yang mengadopsi jaringan 4.5G atau yang dikenal dengan 4G Plus. Kecepatan yang dicapai pun bisa mencapai ratusan mega bytes per detik (mbps).

Secara sederhana, teknologi jaringan 5G adalah teknologi jaringan generasi kelima dan merupakan generasi terbaru dalam teknologi mobile dan broadband nirkabel. Keuntungan yang didapatkan dari teknologi ini adalah peningkatan kecepatan internet, kapasitas serta pengalaman pengguna yang lebih baik.

Seperti yang kami sebutkan, beberapa perusahaan teknologi dan provider sudah melakukan uji coba teknologi ini beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2017 lalu, uji coba 5G dilakukan oleh perusahaan Inggris dan mendapatkan kecepatan download 2.8 Gbps.

Dukungan terhadap teknologi 5G ini pun juga datang dari perusahaan teknologi lain seperti Intel, Qualcomm, kolaborasi IBM dan Ericcson serta perusaan-perusahan teknologi lainnya.

“Saat ini kita sedang berada pada titik puncak komunikasi nirkabel generasi terbaru yang kita sebut dengan 5G. Hal ini diperlukan untuk mendukung semakin melonjaknya tingkat konsumsi data mobile yang didorong dengan konsumsi konten video yang mengalami perkembangan. Serta pengembangan Internet of Things dan miliaran perangkat terkait. 5G diharapkan dapat mendukung kecepatan data hingga melebihi 10GBps dalam skenario tertentu”, ungkap Research Communication Circuits & System Scientist IBM Bodhisatwa Sadhu dalam blog resminya.

Sedangkan dari pihak Intel, mereka berencana untuk berkolaborasi dengan perusahaan vendor PC dan Laptop serta Microsoft untuk mengembangkan laptop yang dapat terkoneksi dengan modem 5G yang ditargetkan tersedia pada tahun 2019 mendatang.

Meskipun belum ada tahun yang pasti kapan teknologi 5G ini benar-benar diluncurkan untuk kebutuhan publik, negara-negara besar yang sangat peduli dengan kecepatan internet dan mendapat dukungan dari sumber daya serta pemerintahnya berharap teknologi 5G ini sudah dapat digunakan pda 2020 mendatang.

Sangat menarik untuk kita tunggu, ketika teknologi 5G ini benar-benar sudah dapat digunakan untuk umum seluruh masyarakat di Indonesia pun tentu akan menunggu bagian. Terlebih lagi, Indonesia merupakan negara besar yang warganya sangat suka berselancar di internet. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda cukup antusias untuk menunggu jaringan 5G ini?

Ilustrasi (c) Unsplash.com