Return to site

Ternyata Bukan Uang Yang Dapat Memotivasi Salesperson!

Apa yang membuat salesperson termotivasi jika bukan uang?

· Tips Sales

Uang adalah kebutuhan semua orang mulai dari remaja hingga orang tua akan sangat peduli pada uang. Tetapi dalam dunia kerja salesperson, ternyata bukan uang yang dapat memotivasi mereka bekerja lebih baik. Pokok utama yang menjadi motivator salesperson adalah:

  • Keluarga: Keluarga sebagai penyeimbang bagi seorang salesperson setelah seharian bekerja ketika sampai di rumah
  • Impact­: Pengaruh lingkungan sekitar penting bagi seorang salesperson dalam bekerja.
  • Belajar: Kemauan untuk belajar dari salesperson dapat memotivasi dirinya dalam bekerja.
  • Pemecah masalah: Ketika salesperson menjadi seorang problem solving, ia akan terus berusaha untuk menjadi pemecah masalah bagi prospek-prospek lainnya.
  • Persahabatan: Persahabatan disini adalah bagaimana salesperson merasakan hubungan yang baik antar rekan kerjanya maupun dengan leader.

Jika lima faktor yang dapat memotivasi salesperson di atas dapat terpenuhi, ia akan selalu bekerja dengan baik tanpa ada keraguan. Dari apa yang telah kami sebutkan, jika diperjelas kembali semakin membuktikan bahwa uang bukanlah segalanya bagi para salesperson.

Kami ambil salah satu contoh pada bagian pengaruh, ketika salesperson merasa lingkungan sekitar ia bekerja tidak nyaman, apakah ia akan betah bekerja untuk perusahaan? Kami sangat tidak yakin jika hal tersebut dapat terjadi. Karena lingkungan yang tidak nyaman akan menumbuhkan rasa malas bagi salesperson untuk bekerja. Motivasi untuk bekerja pun akan berangsur menurun.

Apakah penting bagi salesperson dengan gaji yang cukup besar tetapi tidak bisa bekerja dengan nyaman? Anda pasti pernah merasakan kondisi seperti ini saat Anda meniti karir selama ini. Kami yakin Anda akan memilih keluar daripada bertahan.

Bersenang-senang dengan uang akan ada akhir, karena saat ia merasa sudah memiliki uang yang cukup, ia pun akan bekerja seadanya. Tetapi, jika ia memikirkan hal lain seperti keluarga ia pasti akan terus bekerja dengan baik agar dapat membahagiakan keluarganya.

Itulah yang menandakan bahwa uang bukan motivator utama bagi salesperson. Motivasi dalam dirinya dan lingkungan yang akan paling berpengaruh untuk mencapai kesuksesannya sebagai seorang salesperson.

Uang hanya akan menjadi tolok ukur “kepuasan” atas hasil kerja yang ia capai. Memang mereka akan bertanya tentang uang sebelum bekerja, tetapi saat mereka mulai memahami bagaimana pekerjaan sales, ia akan mengerjakannya berdasarkan kesenangan dan melupakan uang untuk dirinya. Karena, ia akan yakin bahwa perusahaan akan memberikan kepuasan” tersendiri atas kerja kerasnya.

Bagaimana menurut Anda, apakah uang yang menjadi tolok ukur kinerja sales? Silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com