Return to site

Tindakan Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Negosiasi

· Tips Sales

Dalam proses negosasi Anda harus melakukan Tindakan yang tepat untuk menciptakan kepercayaan dan menjadikan prospek yakin dengan produk/layanan yang Anda tawarkan. Proses ini yang merupakan proses pada tahap akhir sebelum terjadi closing dapat berhasil mencapai penjualan apabila Anda memiliki tindakan persiapan yang matang. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan negosiasi.

1. Menyiapkan strategi mempertahankan harga

Pada proses negosiasi akan terjadi proses tawar menawar antara Anda dengan prospek. Pada posisi seperti ini, Tindakan yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan strategi guna menjaga agar harga produk/layanan yang Anda tawarkan dapat terjual dengan harga yang tepat atay tanpa harus memberikan iming-iming berupa diskon dan yang lainnya. Dengan keberhasilan mempertahankan harga, itu artinya Anda juga sudah berhasil menguasai jalannya negosiasi.

2. Menawarkan solusi jangan ambisi

Menawarkan solusi adalah ketika Anda memiliki kesiapan dalam menawarkan produk kepada prospek bahwa produk tersebut dapat menyelesaikan masalah mereka. Dengan metode penjualan ini, proses yang dibutuhkan selain lebih cepat tentu akan menguntungkan Anda. Namun, akan berbeda jika Anda terlalu berambisi dalam menawarkan produk/solusi untuk menghasilkan penjualan. Karena, ketika ambisi Anda terlalu besar, maka Anda akan lupa dengan solusi yang diharapkan oleh prospek.

3. Melihat kembali riwayat komunikasi dengan prospek

Sebelum Anda melanjutkan proses negosiasi lebih jauh, tindakan yang harus Anda lakukan adalah dengan melihat kembali riwayat komunikasi antara Anda dengan prosek yang sudah dijalani sebelumnya. Bagaimana caranya? Jika Anda menggunakan note, bukalah note Anda  agar dapat mengingat kembali. Namun, jika Anda menggunakan sistem CRM, maka untuk melihat riwayat komunikasi dengan prospek ini akan menjadi lebih sederhana dan lebih cepat. Pasalnya, Anda hanya perlu masuk pada sistem dan melakukan pencarian dengan menggunakan keyword.

4. Keyakinan diri

Terakhir adalah keyakinan diri Anda harus diperbesar lagi. Kepercayaan diri Anda akan memberikan efek positif terhadap pengamatan dan kepercayaan prospek selama proses negosiasi. Apabila Anda mampu menunjukkan sikap yang penuh kepercayaan diri, maka prospek juga akan cepat percaya dan mengambil keputusan dalam proses negosiasi tersebut.

Ilustrasi (c) Unsplash.com