Return to site

Tingkatkan Penjualan Anda Dengan Tindakan Ini

Ingin menjual produk lebih baik?

· Tips Sales

Ingin meningkatkan penjualan tetapi belum tahu harus mulai dari mana? Tetap tenang, coba untuk berpikir secara jernih sebelum Anda mulai mengambil tindakan. Ketika Anda panik karena tidak dapat menjual dengan baik, Anda akan kehilangan fokus dan dapat berakibat pada semakin kecil peluang untuk berhasil meningkatkan penjualan. Bagi Anda salesperson maupun pebisnis yang ingin meningkatkan penjualan, berikut adalah tindakan yang harus Anda lakukan.

1. Memperbaiki layanan pelanggan

Memperbaiki layanan pelanggan memang tidak berhubungan langsung dengan penjualan. Tetapi, layanan pelanggan merupakan aset jangka panjang bagi Anda untuk membawa hasil penjualan yang lebih baik. Dengan memulai teknik ini dari sekarang, Anda akan mendapatkan hasil positif di masa depan. Bahkan, untuk jangka pendek, ketika Anda memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan di sosial media, Anda akan merasakan hasil peningkatan dalam waktu dekat. Karena, sosial media lebih mudah diakses oleh netizen, mereka juga akan mudah untuk berbagi kepada rekan-rekannya.

2. Kurangi jenis produk yang ditawarkan

Jika Anda ingin mencapai penjualan yang lebih cepat, maka Anda harus fokus pada beberapa produk utama yang ingin Anda pasarkan. Semakin sedikit jumlah produk yang ditawarkan, prospek akan lebih mudah untuk fokus dalam memilih produk. Coba kembalikan situasi ini pada diri Anda sendiri, ketika Anda melihat banyak produk, Anda akan lebih lama dalam mengambil keputusan bahkan Anda juga akan menunda pembelian. Oleh karena itu, kurangi penawaran produk yang beraneka macam agar pelanggan Anda fokus dan cepat dalam mengambil keputusan pembelian.

3. Perbaiki kualitas follow up

Memfollow up prospek adalah tindakan penting yang harus dikuasai oleh salesperson. Belajarlah untuk mencari waktu yang tepat untuk menghubungi prospek. Selain waktu, Anda juga harus memilih metode komunikasi yang paling disukai oleh prospek. Jangan memfollow up prospek melalui berbagai metode (email, telepon, sms) di waktu bersamaan. Cukup pilih salah satu yang paling efektif.

4. Menjangkau di mana pelanggan Anda berada

Pelanggan tersebar menjadi beberapa tempat, ada yang fokus pada dunia online, ada yang fokus pada jaringan offline. Jangkau mereka semua dengan ikut berbaur di dalamnya. Semakin mudah pelanggan menjangkau Anda, semakin cepat pula respon yang akan Anda berikan kepada pelanggan. Ini akan memberikan nilai positif untuk bisnis dan berpotensi menarik jaringan pelanggan untuk ikut menjadi pelanggan Anda.

Itulah tindakan-tindakan yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan penjualan. Ingat, fokuskan target Anda pada nilai produk dan jadikan penjualan adalah untuk membuat pelanggan Anda senang. Jika Anda hanya fokus pada keuntungan, jangan pernah menyesal ketika pelanggan memilih untuk menggunakan produk kompetitor.

Ilustrasi (c) unsplash.com