Return to site

Tips Leader: Sales Leader Dimulai Dengan Rasa Hormat

Menghormati tim untuk menjaga kinerja

· Leadership

Sebagai seorang leader Anda tentu ditantang untuk selalu menunjukkan rasa hormat kepada semua orang yang Anda temui. Entah saat orang tersebut sedang berada pada masa-masa yang sukses atau saat ia terjatuh, saat ia menang atau saat mengalami kekalahan. Leader harus terus melihat sisi baik orang-orang disekitarnya tanpa membeda-bedakan atas hal apapun.

Leader terbaik adalah leader yang memiliki kemampuan luar biasa untuk bisa melakukan hal lebih daripada orang lain. Kemampuan itu adalah saat ia dituntut harus menghormati setiap orang terlepas dari posisi dan kinerja orang tersebut.

Keberhasilan maupun kegagalan hanyalah sebatas sisi gelap dan terang yang dialami oleh setiap orang. Anda pun pasti pernah merasakan hal tersebut di masa lalu atau bahkan bisa menghadapi kenyataan tersebut di masa yang akan datang. Anda mungkin ingin selalu memberikan penghargaan kepada orang-orang disekitar Anda ketika ia sukses dan tidak ingin memberikan apapun kepada mereka yang mengalami kegagalan. Namun, orang yang gagal tersebut juga perlu mendapatkan apresiasi dari Anda entah berupa ucapan terima kasih atas usaha yang ia lakukan atau dengan apresiasi lain yang menunjukkan rasa hormat Anda kepada orang yang gagal tersebut.

Sikap seperti inilah yang seharusnya dicontohkan oleh seorang leader untuk semua anggota tim. Bukan memberi penghargaan orang yang sukses dan memandang sebelah mata bagi anggota tim yang gagal. Karena Anda tidak akan pernah tahu kapan orang yang gagal tersebut memberikan hasil yang lebih baik bagi Anda dan perusahaan dibandingkan dengan orang-orang yang berhasil saat ini. Terlalu dini bagi Anda untuk menganggap ia tidak memberikan peran bagi perusahaan.

Yang harus dilakukan oleh seorang leader adalah terus memperjuangkan apa yang harus mereka perjuangkan. Karena leader sadar bahwa setiap hari adalah sebuah perjuangan yang harus dihadapi bersama-sama.

Oleh karena itu, lain kali saat Anda mendapatkan kesuksesan, silakan Anda melakukan perayaan tetapi harus menjaga kerendahan hati karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok. Hal yang sama juga terjadi bagi orang yang gagal. Karena leader adalah orang yang memiliki peran dalam tim, maksimalkan kinerja anggota tim yang gagal, bantulah mereka agar bisa sukses seperti yang Anda harapkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com