Return to site

Tips Menjual Kepada Prospek Yang Terbaik

Perlukah memperbesar pasar?

Tips Menjual Kepada Prospek Yang Terbaik

Banyak pelaku bisnis yang lebih fokus untuk memperbesar pasar yang mereka miliki dengan asumsi bahwa semakin besar pasar yang dimiliki, semakin besar pula peluang yang didapatkan oleh perusahaan. Padahal, jika dilihat lebih detail lagi, faktanya adalah semakin besar pasar yang dimiliki untuk mencari prospek, semakin besar kemungkinan peluang Anda membuang-buang waktu dengan prospek yang tidak diinginkan.

 

Sebagai seorang salespeople ataupun pelaku bisnis, Anda harus bekerja lebih cerdas sebelum memutuskan untuk memperluas pasar Anda. Salah satu alasan yang masuk akal adalah bahwa Anda tidak akan mampu bekerja dengan waktu dan sumber daya yang terbatas kepada semua orang. Anda juga harus bisa menjawab beberapa pertanyaan dari kami ini:

  • Jika Anda memiliki prospek, bagaimana cara Anda menggambarkan prospek terbaik menurut Anda?
  • Jika Anda menjual kepada pelanggan, apakah Anda sudah memahami demografi utama penjualan Anda?
  • Apabila Anda menjual produk B2B, bisakah Anda menggambarkan target pelanggan Anda yang meliputi ukuran, kuantitas dan faktor lainnya?

Jika Anda sudah memiliki jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda bisa memulai untuk tidak “menargetkan semua orang” dalam pasar Anda.

 

Identifikasi Prospek Terbaik Yang Anda Miliki

Jika dari pertanyaan diatas Anda masih belum memiliki target calon pelanggan, coba untuk mulai bertanya pada diri sendiri “Siapa yang paling memungkinkan untuk membeli produk atau layanan yang saya miliki?”

 

Coba buat daftar 10 pelanggan yang memiliki kontribusi besar dalam pembelian yang Anda miliki, kemudian pikirkan apa kesamaan yang mereka miliki. Begitu Anda mengetahui apa kesamaan mereka, Anda bisa mengidentifikasi prospek terbaik Anda dimasa yang akan datang. Cara yang paling mudah ialah dengan mencari tahu melalui survei. Gunakan data survei dan implementasikan CRM untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat untuk menentukan prospek Anda.

 

Target pelanggan saat ini

Jika Anda sudah menentukan prospek, tugas selanjutnya ialah dengan menargetkan pelanggan saat ini. Dimana pelanggan saat ini ialah pelanggan yang sudah Anda miliki dan memancing mereka untuk bisa melakukan pembelian ulang dalam jumlah yang lebih banyak.

 

Keberhasilan Anda membawa kembali pelanggan lama dalam melakukan pembelian juga berimbas pada semakin hemat Anda dalam menggunakan waktu dan sumber daya untuk mencari prospek lain yang benar-benar belum memahami siapa Anda dan produk Anda.

 

Sebagai seorang pebisnis atau seorang salespeople dengan target tinggi, waktu adalah merupakan aset yang sangat berharga. Begitu pula saat Anda mencoba menawarkan produk kepada prospek, semakin lama Anda menghabiskan waktu dengan prospek yang tidak berkualitas semakin besar kans Anda kehilangan calon pelanggan lain yang sebenarnya bisa Anda dapatkan.

 

Terdapat satu quotes sebagai penutup artikel ini dari kami yang isinya “Anda tidak bisa menjual produk kepada semua orang. Anda juga tidak harus mencoba.” Artinya adalah, Anda tidak bisa memaksakan kehendak Anda agar prospek Anda bersedia membeli produk yang Anda jual. Anda juga tidak harus mencoba menawarkan produk kepada orang yang hanya menghabiskan waktu Anda.

 

Dapatkan tips sales dan marketing lainnya dari kami dengan cara berlangganan melalui email. Daftarkan email Anda sekarang juga pada kolom subscribes dibawah ini atau dengan mengirimkan email ke hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Unsplash.com | Pixabay.com