Return to site

Tips Sales: Berikan Loyalitas Anda Pada Pelanggan

· Tips Sales

Tidak ada hal yang baik yang diharapkan oleh prospek kecuali mendapatkan produk yang berkualitas dengan layanan yang maksimal dari perusahaan. Pelanggan dan prospek akan selalu menerima apa yang dijanjikan oleh perusahaan selama itu semua sesuai dengan yang diharapkan. Harga bukan titik tumpu lagi bagi mereka. Karena apa yang diberikan oleh perusahaan dan salesperson selalu sesuai dengan harapannya. Inilah model kesepakatan yang menjadi idaman semua pelanggan dan prospek.

Pelanggan yang sudah mencapai kesepakatan dengan Anda memang tidaklah meminta syarat dan ketentuan secara langsung. Mereka hanya akan mematuhi kontrak pembelian (jika ada) atau kesepakatan yang dibuat secara lisan. Ini sudah sangat cukup bagi mereka untuk mempercayakan kebutuhannya kepada Anda. Tanggung jawab Anda ketika semua sudah berhasil dicapai adalah menjaga kepercayaan yang didapat. Hal ini juga akan meninggalkan risiko yang sangat besar jika sampai Anda gagal dalam menjaga kepercayaan dari pelanggan.

Sulit memang dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang sudah mencapai ribuan atau bahkan puluhan ribu pelanggan. Tapi, hubungan harus tetap Anda jaga agar pelanggan tetap loyal kepada Anda. Artinya, ketika pelanggan sudah memberikan loyalitasnya kepada Anda, itu artinya Anda juga harus loyal kepada mereka. Jangan hanya meminta pelanggan untuk loyal jika Anda sendiri gagal dalam menjaga loyalitas untuk mereka. Ini adalah kesalahan fatal dalam proses penjualan yang tidak seharusnya Anda lakukan.

Perusahaan yang hebat dan salesperson yang hebat akan selalu menghasilkan pelanggan yang hebat pula. Ini terjadi bukan karena pelanggan selalu melakukan pembelian yang besar. Akan tetapi, hasil penjualan yang berkelanjutan dari pelanggan karena loyalitas yang diberikan oleh perusahaan memberikan pengaruh akan hal tersebut. Meskipun pelanggan Anda memiliki uang yang sangat banyak, belum tentu mereka akan menggunakan uangnya untuk melakukan pembelian jika Anda gagal menunjukkan loyalitas Anda sebagai penyedia produk/layanan kepada mereka.

Anda melayani, peduli dan loyal kepada mereka, maka mereka akan memberikan hal sebaliknya kepada Anda. Mereka akan selalu percaya bahwa ada nilai yang tidak akan pernah bisa mereka dapatkan jika menggunakan produk dari perusahaan lain. Hubungan baik yang terjalin menghasilkan penjualan dan kepercayaan yang tidak ada akhirnya. Ini bukan lagi Anda sebagai vendor atau pemasok untuk mereka, tetapi pelanggan Anda sudah menjadikan Anda sebagai mitra abadi untuk memenuhi kebutuhannya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com