Return to site

Tips Sales: Cara Berinvestasi Pada Hubungan Dengan Pelanggan

Benarkah investasi pada hubungan dengan pelanggan membutuhkan banyak biaya?

· Tips Sales

Investasi sering kita ketahui berkaitan dengan uang dan keuntungan, tetapi dalam penjualan investasi itu tidak selalu tentang menyimpan uang saja. Seperti berinvestasi dalam hubungan dengan pelanggan. Mendengar investasi pada hubungan dengan pelanggan tentu menjadi kegiatan yang sangat bagus dan terkesan sangat mudah untuk dilakukan.

Sebagian dari sales menyebutkan bahwa investasi pada hubungan juga membutuhkan banyak uang sebagai bagian dari entertain pelanggan/prospek. Seperti dengan melakukan pertemuan di café, restaurant atau tempat-tempat lain di luar kantor.

Sebagian lagi menganggap menjaga hubungan dengan pelanggan artinya mengurangi keuntungan. Maksudnya adalah ketika perusahaan ingin menjaga hubungan dengan pelanggan, perusahaan harus rela mengeluarkan program promosi besar seperti memberikan diskon secara berkala kepada pelanggan agar mereka tetap loyal pada perusahaan.

Tidak ada yang salah dari dua cara salesperson dengan mengartikan berinvestasi pada hubungan dengan pelanggan seperti yang kami contohkan di atas. Akan tetapi, tidak semua investasi pada hubungan pelanggan membutuhkan dua cara yang kami sebutkan. Yang perlu dilakukan cukup dengan mengubah pelayanan dengan lebih baik untuk pelanggan. Dimana tujuan utamanya adalah untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih mengesankan dan meningkatkan nilai dari produk/layanan yang Anda miliki.

Memperbaiki komunikasi, sering meminta masukan dan melakukan sedikit survei juga merupakan bagian dari investasi pada hubungan dengan pelanggan. Dimana hal-hal ini tidak membutuhkan biaya atau pengeluaran tambahan dari perusahaan untuk mencapainya. Hanya konsistensi yang diperlukan demi mewujudkan kepuasan pelanggan dari hubungan yang Anda bangun tersebut.

Investasi hubungan pelanggan dalam bisnis adalah investasi waktu dan energi Anda. Anda juga dapat berinvestasi dengan bertukar wawasan dan gagasan untuk mendorong pertumbuhan bisnis prospek/pelanggan.

Pelanggan yang semakin sering mendapat masukan dari Anda akan memberikan kepercayaan lebih kepada Anda. Semakin tinggi kepercayaan yang Anda dapatkan dari pelanggan tersebut, Anda pun akan mendapatkan loyalitas dari pelanggan ini. Yang artinya, investasi Anda mencapai kesuksesan dan penjualan yang akan didapatkan dari pelanggan ini pun akan mengalami peningkatan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com