Return to site

Tips Sales: Fokus Pada Niche Pasar Daripada Pengembangan

Pasar seperti apa yang harus Anda fokuskan?

· Tips Sales

Dalam strategi penjualan, salesperson dan entrepreneur yang belum berpengalaman akan lebih berpikir untuk segera memperluas pasar dalam waktu secepat mungkin. Satu kecamatan masih belum dikuasai dengan baik sudah berpikir ingin menguasai kabupaten atau bahkan provinsi. Cara seperti ini jelas salah dan tidak dapat dijadikan contoh yang baik untuk mengembangkan pertumbuhan bisnis dengan maksimal. Terburu-buru dalam memperluas pasar tanpa memikirkan strategi yang maksimal hanya akan mengurangi keberhasilan.

Salesperson, marketer maupun entrepreneur dapat meningkakan efektivitas penjualan dan pemasaran secara drastis apabila ia berhasil menargetkan pasar yang sesuai dengan niche atau adanya kecocokan solusi yang ditawarkan dengan poin masalah yang menjadi masalah umum pasar yang ditargetkan dengan pemberian solusi yang unik disertai layanan yang prima. Anda tidak perlu bepikir untuk menguasai semua bisnis dari berbagai macam kategori seperti UKM, UMKM dan enterprise, bidang industri dan penawaran lainnya. Yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana Anda memilih kelompok bisnis atau individu dalam lingkup yang lebih kecil namun memiliki potensi yang lebih besar untuk menambah portfolio bisnis Anda di masa depan.

Contoh, Anda menawarkan layanan jasa konsultasi pembangunan. Anda tidak perlu mencari perusahaan besar jika ingin mendapatkan pelanggan. Anda hanya perlu mencari perusahaan-perusahaan kecil yang tidak memiliki kemampuan membayar layanan yang lebih mahal. Selama Anda memberikan pelayanan yang sesuai untuk kebutuhan perusahaan-perusahaan kecil seperti ini, hanya menunggu waktu yang tidak terlalu lama bagi Anda untuk mendapatkan pelanggan besar. Sebaliknya, jika Anda tidak fokus pada apa yang Anda mampu dan hanya berpikir pengembangan pasar yang sangat cepat, cara Anda ini hanya akan memperlambat pertumbuhan bisnis dikarenakan tidak sesuai dengan kebutuhan pasar.

Memang, jika dilihat secara sepintas pemilihan pelanggan dari kelompok kecil terlihat tidak akan potensial. Akan tetapi, perlu Anda ingat kembali bahwa pemilihan niche pasar ini merupakan investasi jangka panjang untuk bisnis Anda. Jika saat ini Anda salah dalam memilih niche, maka efek yang akan dirasakan oleh Anda adalah ketika persaingan semakin sulit di masa depan, Anda juga akan sulit untuk mengembangkan dan mendapatkan kepercayaan dari prospek.

Ilustrasi (c) Unsplash.com