Return to site

Tips Sales: Keahlian Yang Harus Dimiliki Oleh Salesperson Pemula (Part 1)

Bagaimana menjadi seorang sales profesional?

Tips Sales: Kehalian Yang Harus Dimiliki Oleh Salesperson Pemula (Part 1)

Bagaimana saya bisa menjual produk jika saya tidak memiliki keahlian dalam melakukan penjualan? Pertanyaan ini menjadi pertanyaan umum yang dipikirkan oleh salesperson yang baru masuk atau bagi mereka yang baru mulai membuka bisnis dan tidak memiliki pengalaman dalam bidang sales. Padahal, dari hari pertama seseorang yang membuka bisnis, dia sudah harus memahami bagaimana cara menjual kepada konsumen atau bagaimana ia mencoba menarik investor untuk bisnisnya.

Tanpa pengalaman sales memang akan lebih susah, tetapi bukan berarti itu tidak bisa. Jika Anda ingin menguasai sales, berikut adalah keahlian yang harus Anda miliki:

1. Memahami “seni” dalam melakukan pendekatan

Sebelum Anda melakukan penjualan, tentu Anda harus bisa mendekati calon pelanggan/prospek. Pendekatan yang Anda lakukan janganlah pendekatan yang “biasa-biasa” saja. Dimana pendekatan Anda hanya tentang produk, bisnis Anda atau semua yang berhubungan dengan Anda. Tetapi, pendekatan Anda harus lebih pada kebutuhan apa yang ingin mereka beli.

2. Berbicara tentang keuangan prospek

Bukan tentang berapa keuntungan yang didapat oleh prospek, yang kami maksud disini adalah apakah solusi yang Anda tawarkan sesuai dengan budget yang dimiliki oleh prospek. Jika tidak sesuai, tanyakan kepada mereka, berapa harga yang menurut mereka paling sesuai. Jika Anda masih bisa mengambil keuntungan lebih dari cukup, mengapa tidak Anda ambil meski diluar harga yang Anda tawarkan dari awal.

3. Memiliki kemampuan strategis untuk memposisikan bisnis

Pasar merupakan tempat yang sangat relatif, Anda harus bisa mulai memposisikan segmen yang menurut Anda sesuai dan dapat mengambil keuntungan yang besar. Apakah Anda akan konsisten pada pasar premium, pasar besar, pasar menengah atau pasar kecil atau Anda ingin menguasai semua pasar dengan memulai dari pasar kecil?

4. Kemampuan dalam mendengarkan prospek

Dalam artikel lain, kami telah membahas cukup rinci tentang bagaimana menjadi seorang pendengar meningkatkan volume closing yang lebih besar yang dapat Anda baca pada halaman ini. Dalam penjelasan tersebut sudah cukup detail, tinggal bagaimana Anda nanti mempraktekkan tips tersebut.

5. Bertanya untuk menutup negosiasi dan menciptakan penjualan

Jangan terjebak dalam negosiasi pada satu prospek. Anda harus bisa menutup penjualan dengan cepat. Anda juga harus bisa mengarahkan pelanggan agar segera melakukan pembelian dan mencari tahu apa yang akan mereka beli selanjutnya. Dalam hal ini, Anda dapat memancing mereka dengan melakukan pembelian entah melalui website, memberikan kontrak atau dengan membuat kesepakatan harga untuk mereka.

Itulah lima keahlian yang harus dimiliki oleh seorang sales. Kami akan melanjutkan poin-poin lain mengenai keahlian yang harus dimiliki oleh seorang sales pemula pada artikel selanjutnya. Ikuti terus blog Sales1CRM dengan berlangganan melalui email. Caranya, daftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Pixabay.com | Flickr.com CC by Fan The Fire Magazine