Return to site

Tips Sales: Meningkatkan Penjualan Untuk Financial Service

Mempertahankan pertumbuhan bisnis financial service

· Tips Sales

Salesperson untuk financial service (jasa keuangan) harus bisa beradaptasi dengan cepat agar dapat memberikan peran penting untuk perusahaan. Memang, dalam bisnis keuangan bukan hanya salesperson yang memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan, tetapi, salesperson adalah yang bertanggung jawab untuk memilih nasabah yang tepat. Oleh karena itu, salesperson untuk financial service harus bisa memilah prospek menjadi dua bagian utama. Pertama, pelanggan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan mampu membawa keuntungan untuk perusahaan. Kedua menghindari setiap nasabah yang memiliki risiko yang terlalu tinggi.

 

Untuk menghindari semua kejadian negatif untuk perusahaan, berikut adalah beberapa tips menyempurnakan kinerja Anda sebagai salesperson untuk financial service yang bisa Anda jadikan salah satu bahan pertimbangan dalam setiap pekerjaan yang Anda jalani.

 

1. Menganalisa setiap pengaruh dari strategi penjualan Anda

Salesperson ditantang untuk terus melakukan analisa dari setiap strategi penjualan yang sudah ditetapkan. Mencari tahu setiap kelemahan dari strategi-strategi di masa lalu dan yang digunakan saat ini untuk memperbaiki strategi tersebut menjadi lebih baik. Memang, penjualan yang ingin Anda dapatkan merupakan target di masa depan. Tetapi, hasil yang didapatkan di masa lalu dan saat ini merupakan kunci penting untuk mendapatkan hasil yang lebih baik di masa depan.

 

2. Otomasi proses yang bisa dilakukan dengan bantuan teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin canggih terbukti membantu pekerjaan manusia menjadi lebih ringan. Salah satu teknologi ini pun hadir untuk membantu salesperson untuk bekerja lebih cepat baik dalam input data pelanggan/prospek, analisa data pelanggan dan lain sebagainya. Contoh teknologi yang dapat diterapkan dalam dunia sales adalah Customer Relationship Management (CRM). Dimana teknologi ini dapat memudahkan tim dalam memantau semua aktivitas prospek dan pelanggan. Dengan dilengkapi teknologi analisa yang baik, tim sales dimudahkan dalam mengambil keputusan dan menyaring semua pelanggan dan prospek-prospek yang dimiliki.

 

3. Mengoptimalkan zona dan channel/jaringan untuk penjualan yang lebih maksimal

Kita tahu, ada banyak perusahaan financial service yang terus tumbuh dan dapat mengambil alih nasabah-nasabah Anda. Tetapi, Anda pasti dapat memiliki satu zona dimana perusahaan Anda lah yang menjadi pilihan utama. Zona yang Anda kuasai inilah yang harus Anda maksimalkan, karena dari sini Anda dapat memperluas zona kekuasaan pasar Anda. Selain mengoptimalkan zona yang sudah Anda miliki, Anda juga harus bisa memperluas jaringan bisnis. Jika zona untuk memaksimalkan potensi retensi penjualan, jaringan dapat Anda jadikan tempat untuk mendapatkan pelanggan baru dan referral di masa depan.

 

4. Terus berlatih dan siap menghadapi tantangan-tantangan baru di masa depan

Tidak ada kata selesai dalam belajar, tidak ada kesempurnaan yang bisa Anda dapatkan selamanya dalam bisnis. Jangan pernah berhenti untuk terus berlatih dalam meningkatkan kemampuan penjualan Anda. Karena setiap tahun Anda akan menghadapi tantangan-tantangan yang berbeda. Jika Anda diam di tempat maka Anda tidak akan siap menghadapi tantangan baru tersebut.

 

Itulah tips yang dapat kami berikan kepada Anda. Satu pesan kami, jangan pernah menutup mata terhadap kehadiran teknologi untuk sales. Karena teknologi ini akan membantu Anda bekerja lebih efektif, efisien dan produktivitas Anda pun akan semakin meningkat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com