Return to site

Tips Sales Newbie: Kesalahan Dalam Sales Yang Harus Dihindari

Minimalisir kesalahan Anda untuk meningkatkan penjualan

Banyak yang berpendapat semakin lama berkarir di dunia sales akan semakin mudah menjual produk / layanan. Faktanya tidak demikian, banyak sales senior yang gagal untuk menciptakan closing penjualan. Bukan karena mereka tidak profesional, tetapi ada satu titik dimana kesalahan juga dapat terjadi bagi sales senior.

 

Untuk Anda yang saat ini masih baru dalam dunia sales, sebelum Anda melakukan kesalahan tersebut, kami akan memberikan tips-tips tentang apa saja yang harus dihindari dalam sales untuk membuka peluang penjualan yang lebih besar.

 

1. Menggunakan cara pendekatan tidak terorganisir (random)

Mendekati seorang prospek memiliki proses-proses yang terorganisir dalam sales pipeline perusahaan. Anda harus menggunakan pendekatan yang disesuaikan dengan prospek Anda. Anda tidak bisa melakukan proses pendekatan secara acak tanpa memahami dengan siapa Anda akan berhadapan. Jika Anda ingin melakukan pendekatan yang baik, maka Anda harus melakukan pendekatan dengan memahami pola prospek Anda sehingga pendekatan Anda mencapai hasil yang baik.

 

2. Tidak segera mendapatkan jawaban

Anda harus segera mencari jawaban prospek yang belum memberikan jawaban untuk prospek Anda. Jika Anda tidak mendapatkan jawaban, tentu Anda tidak bisa menutup negosiasi.

 

3. Jangan menanyakan sesuatu di luar kewenangan Anda

Bertanya memang baik untuk menciptakan komunikasi. Tetapi, Anda tidak boleh bertanya melampaui batas Anda. Sebagai contoh, Anda menanyakan budget prospek sebelum mereka memulai. Biarkan prospek mengatakan kepada Anda terkait budget mereka, tugas Anda hanyalah memberikan solusi untuk prospek.

 

4. Langsung membahas harga

Jangan sekali-kali Anda langsung mengajukan harga kepada prospek sebelum Anda mengetahui apakah prospek Anda ini membutuhkan atau memiliki minat. Sebelum Anda masuk lebih jauh terkait harga dan budget prospek, Anda harus memperhatikan diri Anda sendiri, apakah Anda sudah bisa meyakinkan prospek? Cobalah untuk mengumpulkan informasi tentang minat dan kebutuhan prospek Anda.

 

Perlu kami ingatkan kembali, dalam sales ibarat game yang Anda mainkan sehari-hari. Jika Anda tidak melakukannya dengan benar, Anda tidak akan bisa mencapai level selanjutnya. Begitu juga dalam sales, setiap orang yang Anda temukan memiliki karakter-karakter berbeda yang harus bisa Anda taklukkan. Mulailah dengan menghindari kesalahan-kesalahan yang telah kami sebutkan untuk terus meningkatkan keberhasilan penjualan Anda.

Ilustrasi (c) Flickr.com Sinclair.Sharon28