Return to site

Tips Sales: Pelanggan Tidak Membutuhkan Cerita Anda

Cara menarik perhatian lead

Tips Sales: Pelanggan Tidak Membutuhkan Cerita Anda

Semua sales ingin menawarkan produk terbaik yang mereka miliki. Untuk bisa menawarkan produk, sales biasanya mulai berdiskusi dengan mengatakan semua yang bagus tentang perusahaan dan produk dengan kepercayaan diri yang sangat tinggi. Tak salah memang jika tim sales Anda memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi dengan gaya berkomunikasi yang baik. Tapi, satu hal yang perlu diperhatikan, seorang sales tidak perlu mengatakan hal-hal yang terlalu berlebihan tentang perusahaannya atau produk yang akan ditawarkan.

Pernah kita menemui seorang sales yang mengatakan hal-hal berikut:

  • Kami perusahaan global
  • Kami memiliki tenaga profesional
  • Kami sudah berbisnis selama lebih dari 60 tahun
  • Kami telah mendapatkan banyak penghargaan
  • Produk kami terlaris selama sepuluh tahun
  • Kami membuat produk yang berkualitas
  • Dan lain sebagainya.

Mungkin menurut Anda penghargaan dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki perusahaan adalah merupakan hal yang sangat membanggakan. Tapi, sadarkah Anda, banyak calon pelanggan yang tidak peduli dengan apa penghargaan yang telah Anda raih. Jika mereka sudah mengetahui perusahaan Anda, sudah pasti mereka mencari tahu latar belakang perusahaan Anda.

Stop berbicara tentang perusahaan Anda, mulailah berbicara tentang mereka.

Jika memang Anda ingin memperkenalkan produk, Anda jangan menjadikan pelanggan sebagai pendengar saja. Cukup pengenalan seadanya, selanjutnya berilah waktu kepada mereka untuk berbagi. Calon pelanggan lebih peduli pada dampak jika mereka menggunakan produk Anda, jika orientasi bisnis Anda pada B2B, mereka akan mempertimbangkan dampak pada bisnis dan  solusi yang akan mereka dapatkan.

Jika mereka sudah memikirkan hal tersebut, mereka tidak peduli lagi dengan penghargaan yang telah Anda dapatkan. Pelanggan juga lebih menyukai seorang sales yang dapat mengajukan pertanyaan yang tepat, mau mendengar keluhan pelanggan serta mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang mereka alami selama ini.

Alih-alih ingin mengunggulkan produk dan perusahaan, pelanggan justru akan berpikir bahwa perusahaan Anda hanya memikirkan kesuksesannya sendiri. Mereka akan berpikir lebih lama lagi sebelum memutuskan untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan. Hubungkan titik yang diharapkan oleh pelanggan dengan apa yang Anda tawarkan menjadi kunci yang paling sesuai untuk menargetkan penjualan. Terapkan semua keahlian yang Anda miliki untuk membawa mereka semakin percaya dengan perusahaan Anda.

Dapatkan tips sales dan marketing terbaru setiap hari dengan berlangganan melalui email. Silakan daftarkan email Anda pada kolom subscribes dibawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com