Return to site

Tips Sales: Penyebab Kehilangan Peluang Penjualan

Faktor yang menyebabkan Anda kehilangan peluang

· Tips Sales

Mendapatkan banyak peluang, tapi tidak ada yang pernah berhasil mencapai titik penjualan? Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghentikan dan mencari penyebab macetnya keberhasilan Anda dalam mencapai penjualan setelah mendapat peluang. Jangan menunggu terlalu lama untuk menghentikan posisi Anda saat ini, karena akan lebih sulit untuk membenahi penjualan yang akan Anda dapatkan di masa yang akan datang.

 

Berikut adalah alasan utama mengapa peluang Anda hilang begitu saja dan gagal dalam mencapai penjualan.

 

1. Anda kehilangan nilai ditengah proses

Banyak hal yang dapat membuat Anda kehilangan nilai dari pelanggan, ada kalanya karena penjelasan yang tidak konsisten, terlalu banyak waktu yang digunakan dalam proses atau cenderung mengulur waktu. Hal lain yang dapat menurunkan nilai ditengah proses adalah minimnya komunikasi Anda dengan prospek. Sehingga mereka pun memutuskan untuk memilih menggunakan produk dari kompetitor Anda.

 

2. Tidak mengikuti proses penjualan (pipeline)

Proses penjualan yang dilakukan oleh perusahaan merupakan cara terbaik yang harus diikuti oleh tim sales. Apabila ada bagian-bagian yang terlewatkan atau tidak sesuai dengan proses yang telah ditentukan, bukan penjualan yang Anda dapatkan tetapi justru dapat menghilangkan peluang. Jangan pernah berharap untuk mempercepat proses, dengan mengabaikan sales pipeline yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Jika Anda melakukan hal tersebut tanpa memperhatikan proses sebelumnya, yang Anda lakukan ini merupakan kesalahan fatal yang dilakukan oleh salesperson. Anda boleh mempercepat proses tetapi harus sesuai dengan sales pipeline yang dimaksimalkan oleh perusahaan.

 

3. Membiarkan prospek mengendalikan proses

Memberikan waktu kepada prospek dan memberikan kesempatan lebih banyak kepada prospek untuk berbicara memang baik untuk mencapai penjualan. Tetapi, perlu Anda ingat ada batasan-batasan yang tidak boleh dilewati oleh prospek. Artinya, jangan sampai ia mengendalikan dalam semua proses penjualan Anda. Seperti mengatur waktu Anda dengan berlebihan, mengatur harga dan lain sebagainya. Karena  setiap produk yang Anda jual, Andalah yang memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk mengendalikannya.

 

4. Tidak memiliki komitmen

Hal terakhir yang menghilangkan peluang adalah tidak adanya komitmen dari diri Anda dan perusahaan untuk memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tak hanya tentang produk, layanan yang dijanjikan oleh perusahaan pun tidak pernah dirasakan oleh pelanggan setelah ia melakukan pembelian. Tidak adanya konsistensi dari Anda ini akan menambah situasi sulit bagi perusahaan di masa depan. Karena pelanggan yang kecewa akan lebih mudah untuk menyebarkan kekecewaannya pada rekan/jaringannya.

 

Itulah 4 hal yang dapat menghilangkan peluang penjualan Anda yang dapat kami berikan. Jangan lupa mendaftarkan email Anda pada form subscribes di bawah ini untuk mendapatkan informasi terbaru seputar sales dan marketing.

Ilustrasi (c) Unsplash.com