Return to site

Tips Sales: Proses Yang Efisien Untuk Pertumbuhan Revenue

Strategi yang dapat menambah pendapatan perusahaan

· Tips Sales

Proses penjualan berperan penting untuk menghasilkan pertumbuhan dan pendapatan yang lebih cepat untuk perusahaan. Selain itu, dengan proses yang efisien, tim sales dapat meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja bukan hanya sebatas mencari dan mendekati prospek saja. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja yang dapat meningkatkan efisiensi proses dalam penjualan untuk meningkatkan pertumbuhan pendapatan perusahaan (revenue), silakan simak beberapa poinnya berikut ini:

1. Pusatkan dan fokuskan tim sales pada beberapa prioritas

Ada banyak prioritas yang memang menjadi target perusahaan. Tetapi, hindari pemberian prioritas yang berlebihan kepada tim sales yang Anda miliki. Karena, semakin banyak prioritas yang harus mereka tanggung, fokus dari tim sales pun akan mudah terpecah. Oleh karena itu, fokuskan tim pada prioritas yang lebih sederhana dan terpusat sesuai keahliannya masing-masing anggota tim Anda. Dengan demikian, prioritas perusahaan menjadi terbagi dan lebih cepat untuk dicapai.

2. Menghargai prospek

Sebagai sales, tentu Anda akan menghadapi penolakan-penolakan dari banyak prospek, namun jangan pernah menjadikan penolakan tersebut sebagai alasan untuk tidak menghargai keputusan prospek. Jika memang Anda sudah mendapatkan penolakan, mundurlah dari proses, hentikan saat itu juga. Karena, memaksakan diri untuk mendekati prospek yang sudah menolak Anda hanya akan menghabiskan waktu. Menghubungi kembali di waktu yang berbeda adalah cara yang lebih bijak untuk mencapai kesepakatan dengan prospek yang menolak Anda saat ini. Kuncinya adalah dengan mengenali prospek dan kebutuhan-kebutuhannya.

3. Manajemen prospek

Cara terbaik untuk meningkatkan efisiensi dalam menjual adalah dengan memperbaiki manajemen dalam menentukan prospek. Artinya, Anda harus mengedepankan prospek yang berkualitas dan mengurangi jumlah prospek yang tidak berkualitas. Apabila Anda memiliki jumlah prospek berkualitas lebih sedikit daripada prospek tidak berkualitas, sudah pasti Anda hanya bekerja untuk menghabiskan waktu. Lain halnya jika Anda memiliki data dan sistem yang akurat untuk menyaring prospek yang Anda dapatkan, tentu Anda akan menghasilkan penjualan yang lebih baik dengan mengutamakan prospek berkualitas sebelum menjalani proses dengan prospek tidak berkualitas.

4. Proses penjualan yang fleksibel

Jangan menganggap bahwa setiap proses dalam penjualan itu membutuhkan proses yang sama dan tidak dapat Anda ubah. Karena, sejatinya sebuah proses dalam penjualan merupakan proses yang dapat Anda sesuaikan dengan tren maupun disesuaikan dengan kebiasaan pelanggan. Selama prospek/pelanggan tidak meminta diskon dan tidak merugikan perusahaan, Anda dapat mengikuti proses tersebut dengan baik.

5. Konsisten dalam membantu prospek

Jadilah sales yang dapat memecahkan masalah prospek, karena dengan cara ini prospek akan lebih percaya kepada Anda. Jangan hanya mencari perhatian prospek dengan membantu saat menjadi prospek saja, tetapi tidak pernah Anda perhatikan lagi saat ia sudah menjadi pelanggan. Tetap konsisten untuk membantu semua prospek dan pelanggan-pelanggan yang Anda miliki akan jauh lebih baik untuk menambah pendapatan. Karena bantuan Anda ini akan mempercepat proses penjualan serta memudahkan pelanggan untuk merekomendasikan perusahaan Anda kepada orang-orang terdekatnya.

Bagaimana, apakah Anda sudah memahami tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan pendapatan perusahaan setelah membaca artikel ini? Silakan bagikan pemikiran Anda melalui komentar di bawah ini. Jika Anda menyukai artikel kami, Anda dapat berkontribusi dengan membagikan artikel di sosial media atau dengan mendaftarkan email Anda pada form subscribes untuk mendapatkan newsletter kami.

Ilustrasi (c) Unsplash.com