Return to site

Tips Sales Untuk Mendorong Kesuksesan Penjualan

· Tips Sales

Ada banyak cara yang dapat dilakukan salesperson untuk mencapai penjualan yang maksimal. Ada banyak pula tips yang disediakan berbagai macam website untuk membantu salesperson yang merasa dirinya kesulitan untuk mencapai penjualan. Bahkan, mengikuti seminar penjualan dilakukan oleh salesperson untuk mendorong pengetahuannya agar dapat mencapai hal tersebut. Tapi, mengapa penjualan masih tetap tidak mampu dicapai? Tips yang Anda dapatkan atau materi seminar yang disampaikan bukan berarti tidak memiliki nilai atau salah. Tetapi, ada dukungan yang harus dilakukan oleh perusahaan, sales leader dan juga tim sales. Berbekal ilmu yang didapat dari tips-tips penjualan yang didapat serta pengetahuan dari seminar, berikut adalah beberapa cara untuk mendorong kesuksesan penjualan yang perlu Anda perhatikan.

1. Pastikan waktu untuk menjual

Jangan hanya berharap penjualan datang dengan sendirinya. Anda harus memaksimalkan setiap waktu yang Anda miliki agar dapat menghasilkan penjualan. Jadikan waktu ini sebagai target yang harus Anda capai ketika Anda sedang memproses semua potensi penjualan. Salesperson yang dapat menjadi pemenang dalam kompetisi penjualan adalah mereka yang selalu siap untuk mencapai penjualan secepat mungkin dengan metode penjualan dan proses yang sederhana. Hal ini pun dapat mendorong salesperson untuk menambah proses. Contoh, Seorang sales yang umumnya mencapai penjualan 1 dalam seminggu, ia dapat menambah menjadi 2 dalam kurun waktu tersebut.

2. Berbagi wawasan dengan prospek

Jangan hanya fokus pada produk yang Anda jual ketika memproses penjualan. Tetapi, Anda perlu berbagi wawasan dengan para prospek untuk mengenal lebih jauh bagaimana masalah yang sedang mereka hadapi saat ini. Ketika Anda berbagi wawasan kepada prospek dan ia mengenal solusi dari produk yang Anda jual, maka selanjutnya Anda akan mendapatkan nilai lebih dari prospek. Dari nilai ini akan menghasilkan kepercayaan dari prospek yang memperbesar peluang untuk mencapai penjualan.

3. Bekerja lebih efisien dengan teknologi

Jangan terpaku dengan metode penjualan tradisional saja. Anda juga perlu memperhatikan kehadiran teknologi yang mendukung keberhasilan pejualan. Teknologi-teknologi sales akan membantu mendorong pekerjaan Anda sebagai sales menjadi lebih efisien. Maka dari itu, perusahaan dan sales leader juga harus berperan aktif untuk meningkatkan penjualan yang dihasilkan oleh tim sales dengan bekerja lebih efisien melalui teknologi.

4. Pengalaman dan kepuasan pelanggan

Hal lain yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan. Jangan terlalu fokus pada penjualan dari pelanggan baru. Tetapi, Anda juga harus yakin dengan penjualan yang dihasilkan dari pelanggan lama. Untuk mencapai hal tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah dengan meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan. Penyimpanan data pelanggan merupakan hal penting yang harus Anda perhatikan. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menyimpan data pelanggan ini adalah Customer Relationship Management (CRM), Sales Force Automation (SFA). Dengan dua tools ini, Anda akan bekerja lebih efektif dalam melakukan penawaran maupun dalam menjaga hubungan dengan pelanggan guna meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com