Return to site

Tips & Trik Memaksimalkan ROI

Mengoptimalkan ROI dengan menggunakan Software CRM

· Sales Strategy,Tips Sales,CRM
Tips & Trik Memaksimalkan ROI

Sudah melakukan marketing disegala penjuru, tapi tingkat Return on Investment (ROI) yang dihasilkan tidak optimal. Apakah Anda pernah mengalami hal ini? Atau sedang mengalami kejadian ini? Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami hal tersebut dimana biaya yang sudah Anda keluarkan untuk marketing masih belum bisa menutupi pendapatan perusahaan karena penjualan lesu, Anda jangan berkecil hati. Dalam post kali ini kami akan memberikan tips dan trik untuk memaksimalkan ROI Anda.

 

1. Jadikan pelanggan adalah yang pertama

Ketika Anda sudah membukukan penjualan Anda harus memberlakukan pelanggan Anda sebaik mungkin. Jadikan semua pelanggan sebagaimana mereka hanyalah satu-satunya pelanggan yang Anda miliki. Maksudnya adalah, ketika Anda memiliki satu pelanggan, maka Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk melayani dan memuaskannya. Meskipun pada kenyataan Anda memiliki ribuan pelanggan, berikan pengalaman mereka selayaknya ia hanyalah satu-satunya. Hal ini menandakan berinvestasi dengan menggunakan Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah kebutuhan bagi Anda. Karena dengan menggunakan CRM anda dapat mengumpulkan semua data pelanggan dalam satu tempat, mempersingkat waktu, uang dan resource lainnya. Anda tidak perlu bingung dengan developer, infrastruktur baik perangkat keras seperti server atau pengembangan software. Anda cukup memanfaatkan Software-as-a-Service (SaaS) untuk mendapatkan itu semua.

 

2. Menggunakan Aplikasi Cerdas

Anda sudah memiliki CRM, sekarang waktunya bagi Anda untuk mencari keuntungan dengan metode bisnis baru. Diantaranya adalah dengan mengumpulkan semua data pelanggan baik di website, social media atau tempat-tempat lain diluar sana yang dapat Anda integrasikan dengan CRM Anda. Anda juga dapat memanfaatkan Marketing Automation dari CRM untuk memperkenalkan Anda dengan AI yang diimplementasikan dalam bisnis. Sedangkan social tools bermanfaat untuk mendengarkan apa saja yang dikatakan oleh orang diluar sana dan mengumpulkan data secara real time. Semua yang terkumpul dalam satu tempat apabila dapat bekerja dengan baik maka akan sangat membantu perusahaan Anda untuk meningkatkan penjualan dan memaksimalkan ROI.

 

3. Go Mobile

Siapa sih yang tidak memiliki smartphone saat ini? Jika Anda berpikir bahwa hanya masyarakat ekonomi menengah keatas yang memiliki smartphone maka Anda salah. Masyarakat dengan ekonomi bawah pun sudah banyak yang menggunakan smartphone. Kami sempat membahas tentang CRM untuk mobile yang dapat Anda baca pada link ini. Jadikan semua yang Anda miliki dapat diakses dengan menggunakan smartphone. Dengan CRM Mobile, Anda dapat mengirimkan penawaran kepada pelanggan yang meminta quotation, Anda dapat menutup diskusi dari manapun dengan mobile atau bahkan Anda dapat membukukan deal dengan pelanggan dimana pun. Ketika semua menjadi simpel, pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan penawaran bisa saja penjualan juga dapat dibukukan sesaat setelah penawaran diterima oleh pelanggan. Dengan pengalaman yang simpel ini, pelanggan juga akan puas dengan layanan Anda.

 

Cari tahu kelebihan CRM untuk bisnis Anda di Indonesia. Anda dapat menghubungi kami melalui email hi@sales1crm.com. Tim kami akan senang melayani Anda untuk membantu bisnis Anda tumbuh dengan pelanggan yang loyal.

Ilustrasi (c) Hopscotchlabs.com