Return to site

Tips Untuk Mendekati Prospek Melalui Telepon

Menemukan prospek berkualitas bermodalkan panggilan

· Tips Sales,Tips Marketing

Salah satu bagian dari proses penjualan adalah dengan mendekati prospek melalui panggilan telepon. Dengan cara yang tepat, tim sales bisa mendapatkan kepercayaan dari prospek ketika melakukan panggilan. Apa saja yang menjadi kunci agar upaya pendekatan melalui telepon berhasil? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

1. Tersenyum ketika berbicara dengan prospek

Satu hal yang sangat sederhana dan terbukti efektif untuk meningkatkan kualitas komunikasi adalah dengan tersenyum. Selingi pembicaraan Anda melalui senyuman-senyuman kecil yang tulus. Ingat, jangan memaksakan senyuman jika memang itu tidak diperlukan. Karena, pura-pura tersenyum yang Anda lakukan tidak menutup kemungkinan dikenali oleh prospek dan berakibat pada hilangnya kepercayaan.

2. Kontrol suara dan nada Anda

Seseorang yang berbicara satu sama lain memiliki cara penyampaian yang tidak sama. Mulai dari nada dan suara yang dihasilkan oleh masing-masing personal. Oleh karena itu, tetap menjaga suara dan nada/intonasi bicara Anda untuk menarik perhatian prospek dan mengirimkan tanda bahwa Anda benar-benar antusias berkomunikasi dengan prospek tersebut.

3. Jangan terlalu banyak basa-basi

Melakukan pendekatan melalui telepon untuk urusan bisnis tidak seperti melakukan komunikasi dengan teman atau saudara. Dimana meskipun Anda melakukan basa-basi dalam pembicaraan masih bisa ditolerir. Sedangkan dalam urusan bisnis, meskipun Anda ingin terlihat lebih dekat prospek, hindari basa-basi. Fokuslah pada tujuan utama Anda dan apa saja yang ingin Anda bicarakan.

4. Perbanyak bertanya, bukan berbicara

Bertanya menjadi tujuan penting dalam melakukan pendekatan melalui telepon. Jika Anda hanya membicarakan produk, tentu akan menjadi tindakan yang kurang menyenangkan. Hindari berbicara produk berlebihan, perbanyaklah pertanyaan yang membawa prospek bercerita lebih banyak tentang bisnis dan masalah-masalah yang ia hadapi.

5. Jangan telalu lama

Hindari telepon dengan prospek yang memakan waktu hingga puluhan menit. Karena ini dapat membuang waktu prospek. Lumrahnya, durasi panggilan yang baik adalah maksimal 10 menit.

Itulah beberapa tips untuk mendekati prospek melalui telepon yang dapat kami berikan. Jika ada hal lain yang ingin Anda tambahkan, jangan sungkan untuk memberikan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com