Return to site

Tips Untuk Menjadi Seorang Marketer Profesional

Yang harus dipenuhi oleh marketing baru agar lebih profesional

Tips Untuk Menjadi Seorang Marketer Profesional

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti pernah membantu teman untuk menawarkan barang yang akan ia jual. Secara tidak langsung, apa yang Anda lakukan tersebut adalah selayaknya seorang marketing untuk perusahaan. Menjadi seorang marketing memanglah tidak mudah, karena tugas yang harus dikuasai meliputi pencarian konsumen, mendapatkan konsumen serta untuk menguasai pasar.

Jika saat ini Anda masih baru menggeluti posisi sebagai seorang marketing, berikut adalah tips-tips untuk menjadi seorang marketing profesional.

1. Memperbanyak atau memperluas hubungan untuk membangun jaringan bisnis

Memperbanyak jaringan bisnis akan membuat Anda lebih mudah dalam menemukan pelanggan baru. Semakin banyak orang yang terhubung dengan Anda, maka semakin mudah pula bagi Anda untuk mencari informasi terkait masalah-masalah yang sering dihadapi baik dari sisi bisnis maupun dari sisi pelanggan.  Anda juga akan lebih mudah dalam melakukan pemasaran untuk mencari target konsumen yang tepat.

2. Tidak mudah menyerah

Hambatan yang akan dihadapi oleh seorang marketing itu sangat besar dan beragam. Tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk berhenti menjadi seorang marketer untuk menggeluti profesi lain. Tantangan internal maupun tantangan eksternal harus bisa dihadapi dengan baik jika Anda ingin menjadi marketer profesional. Tantangan internal seperti target sedangkan tantangan eksternal berasal dari kompetitor dan penolakan dari calon pelanggan.

3. Mempelajari dan memahami bagaimana perilaku konsumen

Setiap pelanggan memiliki perilaku yang berbeda-beda dalam melakukan pembelian. Begitu juga perilaku yang dimiliki oleh calon pelanggan Anda. Anda juga harus bisa mengkategorikan calon pelanggan Anda sesuai kebutuhan akan produk. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pendekatan.

4. Membuat strategi dan target pasar yang sesuai

Untuk menguasai pasar, seorang marketing harus bisa membuat strategi yang jitu agar proses pemasaran yang ia lakukan berhasil mencapai target yang dicanangkan oleh perusahaan. Selain membuat target, tugas seorang marketing adalah dengan membuat target pasar yang paling sesuai dengan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Jangan sampai seorang marketing melakukan pemasaran buta hanya karena tdak bisa menentukan target pasar.

5. Mampu berkomunikasi kepada pelanggan atau calon pelanggan dengan  baik

Aset perusahaan yang paling penting adalah pelanggan, satu kali pelanggan dikecewakan mungkin masih bisa memaafkan. Tapi, ketika pelanggan kecewa berkali-kali jangan berharap pelanggan akan tetap memeprtahankan kepercayaannya kepada Anda dan perusahaan. Untuk itu, jagalah hubungan dan tetap berkomunikasi dengan pelanggan Anda untuk sekedar mencari tahu bagaimana pendapat mereka tentang layanan yang telah Anda berikan kepada pelanggan atau calon pelanggan Anda. Cara terbaik untuk terus menjaga hubungan dengan pelanggan maupun prospek ialah dengan mengimplementasikan CRM.

Itulah tips-tips untuk menjadi seorang marketer profesional. Apakah Anda memiliki tips lain yang dapat kami tambahkan? Jika ada, silakan kirimkan email ke hi@sales1crm.com. Anda juga dapat meninggalkan komentar dibawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com | Pixabay.com