Return to site

Tips Untuk Sales Training Yang Efektif

Pelatihan yang baik untuk tim sales

· Leadership,Tips Sales

Sales training merupakan tindakan yang perlu dilakukan oleh perusahaan maupun sales leader untuk meningkatkan keahlian tim. Tidak ada alasan bagi perusahaan maupun sales leader untuk tidak melakukan tindakan ini meskipun ia sudah merekrut salesperson profesional yang memiliki pengalaman. Karena, sales training akan membawa tim sales untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi setiap perubahan pasar dan persaingan yang dihadapi oleh perusahaan.

Bagaimana cara yang paling efektif untuk melakukan sales training untuk tim sales Anda? Berikut adalah tipsnya untuk Anda.

1. Memaksimalkan e-Learning untuk mengedukasi tim

Jika tim Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pelatihan secara langsung, Anda dapat membuat pelatihan digital. Salah satunya adalah dengan e-Learning. Pelatihan disini dapat melalui video internal maupun dengan e-book. Jadikan ini sebagai materi pelatihan kepada tim Anda sebelum tim memiliki waktu untuk pelatihan tradisional/pelatihan face to face. Kesibukan tim sales dalam bekerja sangat memungkinkan bagi mereka untuk tidak dapat mengikuti pelatihan, dengan mengganti meeting untuk pelatihan menjadi video atau e-book, mereka dapat mempelajari materi pelatihan disaat mereka memiliki waktu luang. Selanjutnya, tentukan waktu khusus untuk membahas materi tersebut lebih jauh saat tim Anda memiliki waktu yang cukup.

2. Pelatihan yang singkat tetapi konsisten

Pelatihan tidak harus dilakukan sehari penuh, tetapi cukup dengan waktu yang singkat sekitar 30-60 menit. Tetapi, Anda dapat menjalankan pelatihan secara konsisten dengan jadwal yang pasti. Misal Anda memberikan waktu 30 menit pelatihan setiap satu minggu sekali itu akan lebih efektif dibandingkan dengan pelatihan sehari penuh dalam 3 bulan sekali. Selain itu, pelatihan yang terjadwal dapat disesuaikan dengan kondisi yang dialami oleh tim Anda.

3. Memberikan feedback atas perkembangan yang dialami oleh tim Anda

Apa hasil pelatihan yang Anda lihat dari tim Anda? Ungkapkan kepada mereka dan berikan feedback untuk masing-masing anggota tim untuk mengetahui kekurangan mereka. Sampaikan feedback positif dan negatif yang Anda dapatkan dari hasil pelatihan tersebut sebagai wujud untuk meningkatkan kemampuan tim.

4. Berbagi kisah sukses sales

Tingkatkan semangat kerja tim sales Anda dengan berbagi kisah sukses nyata yang Anda ketahui kepada tim. Biarkan mereka belajar dari kisah salesperson sukses tersebut, agar tim Anda termotivasu untuk ikut menjadi salah satu sales sukses di perusahaan Anda. Ketika mereka memiliki semangat yang cukup tinggi, tim Anda juga akan antusias mengikuti pelatihan-pelatihan dari perusahaan untuk mengembangkan kemampuan sales mereka.

Itulah tips untuk sales training yang efektif dari kami, jika Anda memiliki tips lain yang dapat kami tambahkan pada artikel, Anda dapat menambahkannya pada kolom komentar di bawah ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com