Return to site

Trik Agar Email Anda Mudah Diingat Oleh Pelanggan

Email yang mudah diingat oleh pelanggan adalah email yang berkualitas

· Tips Marketing

Memasarkan produk dengan memanfaatkan email marketing tentu akan selalu sulit dilakukan. Karena, perusahaan harus berhadapan dengan perusahaan-perusahaan lain yang juga memanfaatkan email marketing sebagai metode pemasarannya. Terlebih lagi untuk pelaku Business to Business (B2B). Jika Anda tidak ingin ketinggalan, maka Anda harus menciptakan sesuatu yang berbeda dan strategi yang baik agar email marketing Anda berjalan dengan baik dan mencapai kesuksesan.

 

Apa saja yang harus dilakukan agar email marketing B2B Anda dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan peluang lebih mudah diingat? Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan!

 

1. Membuat email yang mudah dibuka di perangkat apapun

Teknologi gadget yang terus berkembang harus Anda ikuti dengan baik. Pastikan email marketing Anda memiliki tampilan yang mengikuti perkembangan teknologi website untuk semua perangkat. Sebagai contoh, kita saat ini sudah terbiasa dengan aplikasi smartphone dan website versi mobile. Untuk itu, Anda juga harus menerapkan email marketing dengan konten yang dapat dibuka pada smartphone dengan mudah.

 

2. Personalisasi Email

Jika Anda menggunakan layanan Google mail, Anda pasti terbiasa dengan personalisasi tab seperti inbox utama, media social dan promo. Ketika email masuk ke halaman-halaman tersebut tentu yang akan dibuka pertama kali adalah email utama dibandingkan dengan media social maupun promo. Karena memang kotak masuk utama yang lebih penting untuk para penggunanya. Oleh karena itu, Anda juga harus bisa dipersonalisasikan oleh pelanggan Anda agar email yang dikirimkan tidak masuk ke tab lain terlebih lagi ke folder spam.

 

Personalisasi disini mengindikasikan bahwa Anda harus memiliki hubungan baik dengan pelanggan Anda. Sehingga, pelanggan Anda tersebut tidak mau melewatkan email-email yang dikirimkan oleh perusahaan Anda.

 

3. Memilih waktu yang tepat

Waktu yang tepat dalam mengirim email menjadi penentu agar email Anda dapat dibaca dan mudah diingat oleh pelanggan Anda. Banyak ahli marketing yang mengatakan waktu yang tepat untuk mengirimkan email marketing adalah pada tengah pekan. Ada lagi yang mengatakan waktu terbaik mengirimkan email adalah pada akhir pekan. Untuk dapat memastikan hal tersebut, cobalah melakukan uji coba untuk membandingkan waktu-waktu yang paling efektif untuk mengirimkan email kepada pelanggan Anda berdasarkan produk/brand yang Anda miliki. Dengan data original dari perusahaan Anda, tentu akan lebih mudah menargetkan pelanggan Anda.

 

4. Konten yang interaktif dan variatif

Bagaimana cara Anda memberikan konten marketing untuk pelanggan Anda? Apakah full text, full image atau dengan kombinasi keduanya? Jika Anda menggunakan email yang mayoritas teks, pastikan teks yang Anda pilih memiliki ukuran dan jenis font yang dapat dibuka di semua perangkat. Jika Anda menggunakan gambar, pastikan gambar yang dimuat tidak terlalu berat. Email yang penuh gambar cenderung tidak bisa dibuka saat koneksi internet pelanggan lambat. Jadi, Anda harus memaksimalkan gambar-gambar yang Anda pilih agar dapat dibuka dalam semua kondisi.

Ilustrasi (c) Pixabay.com