Return to site

Trik Manajemen Waktu Untuk Salesperson

Sukses menjual dengan waktu yang teratur

· Tips Sales

Manajemen waktu bagi seorang sales adalah hal utama untuk mencapai produktivitas terbaik dalam dirinya. Ketika salesperson bekerja hanya untuk menjadi sales apa adanya dan tidak dapat mengelola waktu dengan baik, Anda hanya akan menjadi sales yang membuang-buang waktu dalam setiap pekerjaan yang dikerjakan.

Mengapa hanya membuang waktu? Contoh, hari ini Anda harus bertemu dengan 3 orang lead, karena Anda tidak memiliki manajemen waktu yang baik, Anda pun harus menunda satu dari tiga lead tersebut. Satu orang yang Anda kecewakan tersebut adalah yang paling potensial dan memenuhi kriteria prospek/lead berkualitas, akan tetapi Anda belum menyadari hal tersebut. Sehingga, ia pun memutuskan untuk mencari perusahaan lain yang dapat memenuhi kebutuhannya. Sedangkan dua lead yang sudah Anda pilih menyatakan untuk tidak melanjutkan proses karena minimnya minat mereka terhadap produk dan kebutuhan yang belum mendesak.

Dari kasus yang kami contohkan tersebut, peluang Anda pun hilang karena kegagalan Anda untuk mengelola waktu. Untuk menghindari kegagalan seperti ini di masa depan, berikut adalah adalah beberapa cara untuk mengelola waktu Anda agar lebih baik.

1. Kenali pekerjaan Anda

Hal pertama yang harus dilakukan oleh salesperson untuk bisa mengelola waktu adalah dengan mengenali pekerjaan yang sedang menjadi rutinitasnya. Menjadi sales artinya Anda harus siap menjadi salesperson yang bertugas untuk mempertahankan semua pelanggan-pelanggan yang dimiliki. Nilai Efektivitas dan produktivitas sales diukur dari dua faktor.

  • Banyaknya pelanggan baru yang didapatkan
  • Tingginya retensi penjualan dari pelanggan lama.

Apakah Anda sudah paham dengan pekerjaan Anda sat ini?

2. Mulai menetapkan target

Untuk menghemat waktu, buatlah target-target yang ingin Anda capai dalam setiap pekerjaan. Kapan Anda harus menambah prospek baru, kapan target Anda mencapai closing atau menutup proses dengan prospek. Semua hal yang Anda kerjakan jika sesuai dengan target yang sudah dibuat akan sangat memungkinkan bagi Anda untuk menghemat waktu yang dimiliki.

3. Mencapai titik puncak kemampuan

Jangan suka menyerah ketika Anda merasa target yang sudah Anda buat seperti tidak akan bisa dicapai. Anda harus tetap berusaha agar apa yang sudah ditargetkan bisa dicapai apapun usaha yang harus Anda lakukan. Jika Anda berhenti di tengah jalan, Anda harus menyusun ulang rencana dan target yang sudah dibuat. Waktu penyusunan ulang ini pun sebenarnya dapat Anda manfaatkan untuk melakukan penjualan.

4. Kurangi tindakan administratif

Faktor lain yang perlu dieprhatikan dan di luar kepribadian dari salesperson itu sendiri adalah tugas administratif di kantor. Mengirimkan email, memindahkan data pelanggan, membuat jadwal dan lain sebagainya yang bersifat terlalu formal. Administratif merupakan salah satu cara menghabiskan waktu bagi sales. Oleh karena itu, perusahaan harus memikirkan alternatif dengan memanfaatkan teknologi seperti cloud based CRM. Sehingga tim sales dapat mengupdate data kapan pun tanpa harus bolak-balik menunggu bisa mengerjakan di kantor.

Itulah 4  trik yang dapat kami berikan kepada Anda untuk manajemen waktu yang lebih baik. Semoga informasi ini cukup membantu Anda memperbaiki manajemen waktu agar dapat memaksimalkan penjualan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com