Return to site

Trik Untuk Menjadi ‘Sales Master’

Ingin menjadi sales pro yang hebat? Silakan lanjutkan untuk membaca!

· Tips Sales

Pengalaman masih minim, tapi ingin segera menjadi seorang ahli dalam penjualan? Siapkan diri Anda mulai dari sekarang! Karena kami akan memberikan trik untuk menjadi seorang ahli dalam penjualan (sales master) dalam perusahaan Anda.

1. Layani Pelanggan

Untuk menjadi seorang ahli dalam sales, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pelanggan-pelanggan Anda. Ingat, karir Anda berada di tangan pelanggan. Jika Anda tidak memiliki pelanggan apakah pantas disebut ahli sales? Oleh karena itu, layanilah pelanggan-pelanggan yang sudah berhasil menjadi pengikut produk yang Anda tawarkan. Perhatikan proses mereka dengan seksama mulai dari jumlah pembelian dari waktu ke waktu, produk yang paling disukai dan masalah apa yang dihadapi dan belum terselesaikan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda akan menjadi seorang sales hebat yang akan menginspirasi pelanggan-pelanggan Anda.

2. Investasikan waktu semaksimal mungkin, hindari buang-buang waktu

Seorang sales harus bekerja dengan cepat setiap hari. Kalau tidak, kompetitor berhasil mencuri start dari Anda dan dapat mengambil alih prospek yang Anda miliki. Jika demikian, siapa yang rugi? Selain itu, proses untuk pembelian juga harus cepat, jangan fokus pada prospek yang tidak memenuhi kriteria sebagai prospek yang harus diprioritaskan. Karena waktu Anda terlalu berharga untuk melayani prospek yang ribet dan tidak memiliki komitmen untuk melakukan pembelian setelah menghabiskan waktu yang panjang.

3. Yang harus Anda fokuskan adalah pelanggan dan menjual

Kami sudah memberikan petunjuk kepada Anda bagaimana fokus pada pelanggan di poin pertama, selanjutnya adalah Anda harus fokus pada penjualan yang harus dicapai setiap bulannya. Apa yang harus Anda lakukan adalah mengejar target penjualan. Menjual disini adalah bagaimana cara Anda menarik masalah prospek hingga ia menjual cerita-cerita tentang masalah yang mereka hadapi. Tutupi masalah tersebut dengan menjual produk Anda kepada mereka. Ini akan lebih efektif untuk menjual dibandingkan Anda menawarkan produk dengan cara memaksa.

4. Kembali ke proses dasar jika gagal

Ketika Anda gagal dalam melakukan penjualan, coba perhatikan langkah-langkah yang telah Anda ambil selama ini. Lihat proses penjualan Anda mulai dari titik nol, karena pondasi sales berada pada titik awal Anda bekerja. Perhatikan kembali strategi, sales pipeline dan lain sebagainya yang menjadi penuntun untuk Anda menjual produk dengan baik.

Nah itulah cara untuk menjadi seorang master dalam sales. Cara mana yang pernah Anda lakukan? Apakah ada cerita menarik yang dapat dibagikan dengan salesperson lain? Silakan tinggalkan komentar Anda!

Ilustrasi (c) Pixabay.com